Anies Baswedan Tegaskan Tidak Ada Partai Genit Mendekatinya, Semuanya Serius untuk 2024

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, semua partai yang mendekatinya serius untuk mengusungnya dalam Pemilu 2023. 

Editor: Giri
Tribunnews.com/Larasati Dyah Utami
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Anies mengatakan tidak ada partai genit yang mendatanginya menjelang bertarung di Pemilu 2024. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, semua partai yang mendekatinya serius untuk mengusungnya dalam Pemilu 2023. 

"Di partai saya lihat juga semua sedang serius memikirkan soal ini. Mereka tidak ada istilah soal genit, enggak ada itu. Mereka memikirkan itu semua dengan keseriusan. Saya tahu karena saya komunikasi dengan teman-teman banyak di partai," kata Anies saat meninjau proyek saringan sampah di bantaran Kali Ciliwung segmen TB Simatupang, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin (26/9/2022) pagi.

Namun, Anies tidak menyebut secara gamblang orang-orang parpol yang menjalin komunikasi dengannya.

"Dari situ saya dengar juga pembicaraan percakapan mereka itu bukan sekadar survei-survei. Banyak faktor-faktor lain yang mereka percakapkan. Kita tunggu saja nanti," ujar Anies.

Anies saat ini masih fokus menghabiskan atau menuntaskan jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta yang akan habis pada 16 Oktober 2022.

"Jadi lebih baik saya tuntaskan dulu di sini, sambil partai juga sedang berproses," tutur Anies.

Baca juga: Kekuatan Tak Terlihat Ingin Jegal Anies Baswedan Maju di Pilpres 2024, Demokrat: Genderuwo

Sebelumnya, Anies Baswedan menyampaikan dirinya "siap" untuk maju sebagai Presiden RI pada 2024, meskipun belum mengamankan tiket dari partai politik mana pun.

Dengan masa jabatan yang bakal habis pada bulan depan, Anies telah muncul dalam berbagai jajak pendapat lembaga survei independen sebagai kandidat terkuat yang bakal ikut mentas di Pilpres 2024.

"Saya siap maju sebagai presiden seandainya ada partai politik mencalonkan," kata Anies kepada Reuters dalam wawancara di Singapura, seperti dikutip Kompas.com, Jumat (16/9/2022).

Dia menambahkan, tidak tergabung sebagai kader partai politik membuatnya "leluasa berkomunikasi dengan seluruh faksi".

Baca juga: Anies Baswedan Napak Tilas Bertemu Omar Baobed di Singapura, Saksi Perjuangan Sang Kakek AR Baswedan

"Survei-survei independen ini dilakukan sebelum saya bahkan berkampanye. Menurut saya, mereka memberi saya kredibilitas lebih," ungkap eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bahas Pencapresan, Anies: Enggak Ada Parpol yang Genit, Semua Serius"

Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved