Saat Alunan Musik Keroncong Mengalun Syahdu di Kaldera Nagreg Temani Malam Warga yang Berkemah

Di lembah kaldera pegunungan Nagreg smengalun syahdu musik keroncong di Perkemahan Citaman, Nagreg Kabupaten Bandung

Penulis: Mega Nugraha | Editor: Mega Nugraha
Istimewa
Suasana kemah keroncong di Perkemahan Citaman, Nagreg Kabupaten Bandung, Sabtu (24/9/2022) digelar Komunitas Krontjong Cicalengka. 


TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Di lembah kaldera pegunungan Nagreg saat cuaca cerah berkelindan dengan angin sepoy gunung, mengalun syahdu musik keroncong di Perkemahan Citaman, Nagreg Kabupaten Bandung, Sabtu (24/9/2022) malam.

Malam itu, Komunitas Keroncong Cicalengka menggelar even Kemah Krontjong. Yang datang bukan warga sudah berumur, justru kebanyakan anak muda.

Dalam buku Bandung Purba karangan T Bachtiar, Nagreg secara umum merupakan kawasan bekas dasar sebuah kaldera dari gunung api purba.

Lagu keroncong hits macam Terkenang-kenang hingga Bulan Purnama mengalun syahdu, berbaur dengan suasana malam lembah pegunungan.

Baca juga: Woro Taklukan Tantangan Juri Indonesian Idol, Biasa Nyanyi Keroncong, Kini Berhasil Bawakan Lagu Pop

Banyak juga yang membawakan lagu terkini namun dikemas dengan aransemen musik keroncong. Kehangatan suasana berkemah di tenda semakin bertambah dengan alunan lagu keroncong.

"Keroncong saat ini sudah mulai jarang dan ternyata banyak anak muda yang main musik keroncong dan bagus sekali bermain keroncongnya," ujar Irpan Barnet, dari Komunitas Keroncong Cicalengka, di Bumi Perkemahan Citaman Cicalengka Kab Bandung, Sabtu (24/09/2022).

Sejumlah band keroncong yang digawangi anak muda turut tampil. Seperti Kareueus, Sorasae, S Project, Smapka Art, Krisan, Krontjong 212, Keroncong Comblang, Ard Musik.

Komunitas keroncong Cicalengka ini berdiri pada 2022, namun perkembangan keroncong di Cicalengka sudah dari tahun 2007 yang diawali oleh Kareueus sebagai penggagasnya.

Irpan Barnet yang merupakan guru di SMAN di Jatinangor ini mengatakan, Kemah kerontjong ini digelar untuk melestarikan dan mengembangkan musik keroncong.

Tedi, Rahmat, Purnama dan Ilham sebagai panitia pelaksana acara mengundang Andre Juan Michael dari orkes Toego Jakarta dan Dafiq dari keroncong DOB, dikenal sebagai pegiat keroncong dan pemerhati gerakan keroncong di Jawa Barat.

Sambil menonton musik keroncong, para pengunjung beristirahat di tenda-tenda yang sudah disediakan oleh panita kemah krontjong sambil menikmati asli pegunungan Nagreg.

"Harapan kami, acara kemah kerontjong ini bisa terselenggara setiap tahun. Ternyata banyak anak muda yang menikmati dan punya kemampuan memainkannya, tidak hanya dari orangtua saja," kata dia.

 

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved