Peringatan HJKB, Kecamatan Andir sebagai Miniatur Bandung Meriahkan Lewat Aksi Barongsai

Seluruh kecamatan atau 30 kecamatan di Kota Bandung ikut memeriahkan hari jadi ke-212 Kota Bandung dengan caranya masing-masing, Minggu (25/9/2022).

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama | Editor: Giri
Tribun Jabar/Muhamad Nandri Prilatama
Pertunjukan barongsai di Kampung Toleransi Andir Vihara Tanda Bhakti dalam rangka peringatan HJKB, Minggu (25/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Seluruh kecamatan atau 30 kecamatan di Kota Bandung ikut memeriahkan hari jadi ke-212 Kota Bandung dengan caranya masing-masing, Minggu (25/9/2022).

Termasuk yang dilakukan Kecamatan Andir.

Sejumlah kegiatan, seperti pertunjukan barongsai, festival kostum, hingga pameran kuliner hadir saat perayaan HJKB tahun ini.

Camat Andir, Budi Rahmat, menjelaskan, setiap kecamatan merayakan HJKB dengan tema 'Bangkit Bersama menuju Bandung Juara', tetapi konsep yang ditonjolkan setiap kecamatan berbeda-beda.

"Kebetulan di Kecamatan Andir ini, saya ingin menumbuhkan kecintaan warga Bandung terhadap kotanya sendiri. Kami hadirkan konsep kebersamaan. Jadi, semua etnik, agama, dan tokoh agama kami hadirkan semua di perayaan HJKB 212 ini. Semua miliki peran yang sama dalam membangun Kota Bandung yang ingin menumbuhkan kecintaan warga pada Bandung," ujar Budi di Kampung Toleransi Vihara Tanda Bhakti, Minggu.

Pelaksanaan perayaan HJKB di Kecamatan Andir ditempatkan di Kampung Toleransi Vihara Tanda Bhakti, sebagai satu alasan mereka ingin membangun Bandung lewat kebinekaan.

Baca juga: Upacara Hari Jadi Ke-212 Kota Bandung Berjalan Khidmat, Momentum Percepatan dan Akselerasi

"Sejak awal September 2022 kami lakukan kegiatan, semisal bebersih Bandung untuk menunjang Bandung nyaman, unggul, dan agamis. Kami juga kemarin melakukan Bandung berbagi, serta doa bersama. Dan hari ini puncak peringatan melaksanakan upacara HJKB," katanya.

Tak hanya itu, Budi pun mengatakan, pada 15 Oktober dan 16 Oktober 2022, Kecamatan Andir bakal menggelar kegiatan representasi warga di Jalan Dulatif Kelurahan Kebon Jeruk.

"Konsepnya sedang dirumuskan. Mudah-mudahan apa yang diharapkan seperti Bandung toleran bangkit bersama menuju Bandung juara tercermin di kegiatan ini," ucapnya.

Ketika disinggung terkait Kecamatan Andir sebagai miniaturnya Kota Bandung, Budi pun mengaminkannnya.

Dia menyebut Andir sebagai barometer atau ukuran Kota Bandung.

Baca juga: Ratusan KK Korban Banjir di Cikaso Sukabumi dapat Bantuan dari Kodim 0622

"Di sini berbagai suku, etnis, dan agama, ada semua. Bahkan sampai persoalan-persoalan ada. Kalau melihat Bandung secara keseluruhan walau tak mewakili (Bandung) keseluruhan, karena ada kecamatan lain yang miliki ciri, seperti Ujungberung punya seni budaya khas Bandung, yakni seni benjang," katanya.

Terakhir, dari warga Andir Budi mendoakan Kota Bandung di usia ke-212 tahun ini pulih secara sosial ekonomi dan bangkit secara budaya.

Sebab, Bandung merupakan kota jasa sehingga sosial ekonomi mesti berkembang. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved