Jajaran Polda Jabar Sita Ribuan Liter Solar dan Pertalite, Juga LPG Subsidi Selama September

Jajaran Polres Polda Jabar berhasil mengungkap sejumlah kasus penimbunan bahan bakar minyak (BBM) dan LPG subsidi selama September 2022. 

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Giri
Tribun Jabar/Kiki Andriana
Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo, saat diwawancarai di Pos Pengamanan Pamulihan, Sumedang, Kamis (27/4/2022) siang. Jajaran Polres Polda Jabar berhasil mengungkap sejumlah kasus penimbunan bahan bakar minyak (BBM) dan LPG subsidi selama September 2022.  

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Jajaran Polres Polda Jabar berhasil mengungkap sejumlah kasus penimbunan bahan bakar minyak (BBM) dan LPG subsidi selama September 2022. 

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo, mengatakan, sepanjang September total ada 4.856 liter Solar, 4.700 liter Pertalite, lima jeriken Biosolar, dan 1.200 liter Pertamax yang diamankan.

"Semua barang bukti tersebut diamankan dari lima kasus. Pada pengungkapan ini, kita juga tetapkan lima orang tersangka," ujar Ibrahim Tompo saat dihubungi, Sabtu (24/9/2022). 

Kasus tersebut, kata dia, masing-masing diungkap oleh Polres Indramayu, Polres Garut, Polres Purwakarta, dan Polres Cianjur. 

Jajaran Polda Jabar juga berhasil mengungkap penimbunan LPG bersubsidi di sejumlah wilayah. 

Baca juga: Ramai Kabar Pertalite Jadi Makin Boros di Motor, Benarkah? Ini Penjelasan Pertamina

"Total ada 9.249 kilogram LPG yang berhasil diamankan dari lima kasus. Polisi juga menetapkan 14 orang tersangka dari lima kasus tersebut," katanya. 

Kasus tersebut diungkap oleh Polres Subang, Polres Kuningan, Polres Cirebon Kota, dan Polres Karawang.

Ibrahim mengimbau kepada masyarakat agar tidak segan melaporkan kepada pihak Kepolisian apabila ada indikasi pelanggaran hukum seperti penimbunan BBM bersubsidi  atau LPG.

Sebab, kata dia, tindakan penyalahgunaan BBM dan LPG yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab tersebut sangat merugikan negara.

Baca juga: Pertamina Bikin Aturan Baru Lagi, Pembelian Pertalite dan Solar Dibatasi, Cuma Sampai Segini

"Capaian keberhasilan dalam pengungkapan kasus penyalahgunaan BBM Subsidi dan LPG sangat membantu pemerintah dalam penyalurannya sehingga tepat sasaran dan masyarakat penerima subsidi dapat terjaga," ucapnya. (*)
 

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved