Hadiri Muktamar Persis, Ridwan Kamil Sebut Umat di Jabar Harus Pandai Bersyukur

Pemerintah Provinsi Jawa Barat, senantiasa merangkul umat beragama dalam membangun Jabar.

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Giri
Istimewa
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat memberikan sebutan dalam acara Muktamar Persatuan Islam (Persis) Ke XVI di Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (24/9/2022).  

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat, senantiasa merangkul umat beragama dalam membangun Jabar.

Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat memberikan sebutan dalam acara Muktamar Persatuan Islam (Persis) Ke XVI di Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (24/9/2022). 

Menurut dia, Pemprov Jabar juga memberikan sejumlah dukungan untuk organisasi kemasyarakatan keagamaan termasuk Persis.

"Pemprov Jabar sudah sumbangkan berhektare-hektare tanah untuk kemajuan. Persis ada tanah untuk kampus, daripada tidak terpakai, mending dimanfaatkan," ujar Ridwan Kamil

Gubernur yang akrab disapa Emil ini pun mengatakan bahwa umat yang ada di Jabar mendapatkan banyak keistimewaan, satu di antaranya pertumbuhan ekonomi yang relatif baik.

"Jabar pertumbuhan ekonomi sudah baik, umat di Jabar harus banyak pandai bersyukur," katanya.

Ketua Umum Persis, KH Aceng Zakaria, mengatakan, dalam muktamar ini bakal dilakukan evaluasi program untuk kemajuan Persis ke depan. 

"Muktamar adalah hajat lima tahun sekali, sekaligus evaluasi terhadap program yang lalu, juga pemilihan ketua umum baru," ujar Aceng Zakaria. 

Baca juga: Peserta Muktamar XVI Persis Padati Stadion Si Jalak Harupat, Ridwan Kamil Hadir Sampaikan Ini

Ketua Panitia Muktamar Persis XVI, KH Haris Muslim, menambahkan, muktamar ini sempat dua tahun tertunda akibat pandemi Covid-19 dan akhirnya ini bisa dilakukan secara langsung dengan bertatap muka. 

Muktamar ini, kata dia, menjadi momen untuk membangun silaturahmi dari seluruh peserta dan peninjau juga dari pimpinan wilayah (PW), pimpinan daerah (PD) hingga pimpinan cabang (PC).

"Pertama, hati yang ikhlas mencari yang terbaik untuk jamiyyah. Kedua, ikhtiar menghasilkan keputusan terbaik untuk jamiyyah. Ketiga, pererat tali silaturahmi," ujar Haris Muslim. 

Menurutnya, dalam acara muktamar ini dihadiri oleh aktivis jamiyyah Persatuan Islam dari seluruh Indonesia seperti Maluku, Sapeken, Sumatera, Kalimantan, bahkan NTT hingga semua semua pimpinan wilayah.

"Hadir guru kita semua, Ustaz Addailami Abu Hurairah, anggota dewan hisbah dan anggota dewan penasihat PP Persis," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir secara virtual Wakil Presiden Ma'ruf Amin, serta sejumlah tokoh nasional lainnya yakni Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, dan sejumlah tokoh lainnya. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved