Pameran Fotografi Academic Program Berlangsung di Universitas Kristen Maranatha

Pameran Fotografi Academic Program akan berlangsung di Universitas Kristen Maranatha Bandung

putri puspita n
Academic Program Bandung Photography Triennale 2022 resmi dibuka di Universitas Kristen Maranatha di Exhibition Hall pada Jumat, 23 September 2022. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Academic Program Bandung Photography Triennale 2022 resmi dibuka di Universitas Kristen Maranatha di Exhibition Hall pada Jumat, 23 September 2022.

Bandung Photography Triennale (BPT) adalah program yang fokus pada praktik-praktik produksi visual dengan wacana/isu terkini melalui medium fotografi yang melibatkan praktisi fotografi dari Indonesia maupun mancanegara.

Program ini telah diinisiasi sejak tahun 2015 dengan nama Bandung Photo Showcase (BPS). Kemudian BPT memisahkan diri dari BPS menjadi kegiatan terpisah dan mandiri.

Academic Program Bandung Photography Triennale 2022 resmi dibuka di Universitas Kristen Maranatha di Exhibition Hall pada Jumat, 23 September 2022.
Academic Program Bandung Photography Triennale 2022 resmi dibuka di Universitas Kristen Maranatha di Exhibition Hall pada Jumat, 23 September 2022. ()

Kegiatan pameran diselenggarakan oleh Kelompok Keilmuan Seni Rupa berkolaborasi dengan KOMVNI Photography Collective dan saat ini ditransformasikan menjadi Bandung Photography Triennale, dengan format pameran internasional berkelanjutan yang diselenggarakan setiap tiga tahunan.

Program Director Bandung Photography Triennale, Deden Hendan Durahman mengatakan, tujuan dari Bandung Photography Triennale adalah untuk menciptakan wadah aktualisasi untuk seniman, praktisi professional, dan akademisi.

Disaat bersamaan memetakan perkembangan fotografi terkini tidak hanya di Bandung, Indonesia, tetapi juga di dunia internasional dan menempatkan Indonesia khususnya Bandung dalam konstelasi tersebut.

"Academic program BPT ini menampilkan 13 pameris dari berbagai universitas dunia dengan tema 'Future is Now' yang dalam prosesnya berdasarkan rekomendasi," ujar Deden saat ditemui di sela acara.

Deden menjelaskan karya para mahasiswa ini merupakan rekomendasi dari afiliasi yang kemudian diseleksi dan ditawarkan dalam format mahasiswa dengan tema dan visual yang ada.

Menurutnya Bandung memiliki peran yang cukup signifikan dan juga sebagai  center perkembangan fotografi saat ini.

Dalam pembukaan acara ini, Dekan FSRD UK Maranatha, Irena Vanessa Gunawan, S.T., M.Com., mengatakan ia merasa senang bisa kembali mengadakan event karya seni rupa dan desain.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved