Semangatnya Emak-emak di Sukabumi Ini Ikut Bangun Masjid, Ngecor Ayo, Pasang Genting Libas

Sejumlah emak-emak di Kampung Cijagung RT 04 RW 07, Desa Bojonggaling, Kecamatan Bantargadung, begitu bersemangat ikut gotong-royong membangun masjid.

Penulis: M RIZAL JALALUDIN | Editor: Giri
Tribun Jabar/M Rizal Jalaludin
Emak-emak di Kampung Cijagung RT 04 RW 07, Desa Bojonggaling, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, turut bergotong-royong membangun masjid, Kamis (22/9/2022). 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Kabupaten Sukabumi, M Rizal Jalaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Sejumlah emak-emak di Kampung Cijagung RT 04 RW 07, Desa Bojonggaling, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, begitu bersemangat ikut gotong-royong membangun masjid.

Pemandangan itu terlihat pada Kamis (22/9/2022).

Terlihat emak-emak sampai naik ke atap masjid untuk memasang genting, membantu bapak-bapak.

Mereka naik-turun tangga mengangkut genting dari bawah ke atap masjid.

Seorang warga, Sihabudin (34), mengatakan, mereka ikut kerja bakti membangun masjid jami di Pondok Pesantren Miftahul Madaniyah.

Masjid itu juga dipakai warga setempat untuk salat berjemaah.

Baca juga: BREAKING NEWS, Baru Saja Kecelakaan Maut di Sukabumi, Xpander Vs Angkot, 3 Orang Meninggal Dunia

Dengan kesadaran sendiri, sejumlah emak-emak itu ikut kerja bakti karena ingin masjid segera selesai dibangun.

"Jadi itu ibu-ibu binaan Pondok Pesantren Miftahul Madaniyah. Adapun ibu-ibu ikut kerja bakti naik ke masjid itu kesadaran dari ibu-ibu tersebut. Mereka ingin pembangunan masjid segera selesai," ujarnya.

Tak hanya memasang genting, emak-emak yang kerap dipanggil macan (emak-emak cantik) itu juga membuat adukan coran hingga mengangkut dan memasang coran membantu para pria.

"Alasannnya karena masjid itu pengen cepat selesai karena fasilitas di sini belum memadai, karena acara ibu-ibu, acara santri juga ada, jadi dibagi-bagi tempat. Ibu-ibu di sini kegiatan di masjid (yang dibangun) ini. Alhamdulillah swadaya masyarakat ini terutama emak-emak cantik berpartisipasi. Ini antusias banget ingin adanya masjid ini bagus," ujar istri pembina Pondok Pesantren Miftahul Madaniyah, Mumun, ditemui di lokasi.

Mumun mengatakan, ada sekitar 11 emak-emak yang ikut kerja bakti.

Baca juga: Buntut VIDEO Berandalan Bermotor Serang Warga yang Ronda Malam di Sukabumi, 4 Pelajar SMK Ditangkap

Tak hanya itu, mereka yang tergabung dalam personel hadroh/marawis itu juga menyisihkan hasil menggung hadroh untuk pembangunan masjid.

"Sudah sebulanan pembangunan masjid ini. Alhamdulillah setiap hari membantu dari mulai angkut genting, pasang genting, naik ke atas, angkut batu-batu. Apa saja kerjaan di sini ikut bantu semuanya. Alhamdulillah ngecor ikut, masak juga berpartisipasi. Alhamdulillah disisihkan untuk pembangunan ini bisa berdiri sampai segini ini berkat bantuan emak-emak cantik ada 11 orang, setiap main (hadroh) ini disisihkan untuk pembangunan ini," ucapnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved