Saat Ibu-ibu Mengenal Lembaga Keuangan Non Bank, Disebut Juga dengan Perusahaan Pembiayaan

Sejumlah ibu-ibu pegiat PKK di Kelurahan Pelindung Hewan, Kota Bandung diberikan pelatihan tentang lembaga pembiayaan atau lembaga keuangan non bank.

Editor: Mega Nugraha
Istimewa
Sejumlah ibu-ibu pegiat PKK di Kelurahan Pelindung Hewan, Kota Bandung jalani sosialisasi tentang perusahaan pembiayaan. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sejumlah ibu-ibu pegiat PKK di Kelurahan Pelindung Hewan, Kota Bandung diberikan pelatihan tentang perusahaan pembiayaan atau lembaga keuangan non bank.

Pelatihan tersebut diberikan oleh PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait industri perusahaan pembiayaan.

Dalam Surat Keputusan Menteri Keuangan No 38/MK/IV/1972 disebutkan bahwa salah satu fungsi dari Lembaga Keuangan non Bank adalah untuk menghimpun dana.

Dana tersebut berasal dari nasabah dan dikeluarkan dalam bentuk surat-surat berharga. Kemudian, dana itu akan disalurkan kembali untuk pembiayaan investasi bagi perusahaan atau perseorangan.

Baca juga: Peduli Nasib Anak di Cianjur, Perusahaan Pembiayaan Beri Bantuan Perlengkapan dan Perbaikan Sekolah

Fungsi selanjutnya dari lembaga keuangan non bank dengan memberikan kredit kepada peminjam untuk pembelian barang seperti kendaraan hingga alat elektronik.

Human Capital Manager WOM Finance Regional Jabar, Ricki Oktaviana, mengatakan, pihaknya mendukung upaya peningkatan literasi keuangan dengan menyediakan edukasi keuangan sebagai proses untuk meningkatkan pengetahuan.

"Meningkatnya tingkat literasi keuangan, konsumen dan masyarakat dapat membuat keputusan keuangan dengan lebih baik dan dapat memilih produk dan jasa pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan, mengetahui dengan benar manfaat dan risikonya, serta paham hak dan kewajiban sebagai konsumen pembiayaan," ujar Ricki, dalam keterangannya Kamis (22/9/2022). 

Perusahaan pembiayaan merupakan lembaga keuangan non bank yang bergerak dalam pembiayaan. 

"Di samping itu, diharapkan makin banyak konsumen dan masyarakat yang memanfaatkan produk pembiayaan dan berinvestasi, yang pada akhirnya dapat menjadi salah satu sumber pembiayaan pembangunan," tambahnya.

Selain memberikan edukasi, pihaknya juga mengadakan cooking class bagi para peserta. Diharapkan, dari kegiatan ini dapat menjadi inspirasi masyarakat untuk menambah penghasilan.

 

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved