Peternak Ayam & Telur Lagi Lieur, Harga Terus Turun, Telur di Tingkat Peternak Kini Rp 20.000 per Kg

Sudah sepekan ini harga telur dan daging ayam terus turun. Ini membuat peternak pusing.

Penulis: Andri M Dani | Editor: taufik ismail
Tribun Cirebon/ Eki Yulianto
Ilustrasi telur ayam. Harga telur ayam terus turun dalam seminggu terakhir. 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Harga telur ayam ras di Ciamis dalam sebulan ini terus menerus merosot, baik di tingkat eceran maupun di tingkat peternak.

Di tingkat eceran di Pasar Subuh Ciamis, hara telur ayam ras seminggu lalu masih di kisaran Rp 27.000 per kg namun Kamis (22/9/2022) sudah turun ke angka Rp 26.000 per kg.

“Hari ini harga telur sudah turun. Tadi belinya seharga Rp 26.000 per kg,” ujar Yanti, warga  Kertasari Ciamis kepada Tribun.

Pada hari Jumat (16/9/2022) seminggu lalu harga telur di tingkat eceran di Pasar Subuh Ciamis masih di kisaran Rp 27.000 per kg.

Sementara di tingkat peternak harga telur juga terus melemah. Dan penurunan harga telur di kandang tersebut hampir terjadi setiap hari.

Menurut H Kuswara Suwarman, Sekretaris Perkumpulan Peternak Ayam Priangan (P2AP) seminggu lalu tepatnya, Sabtu (17/9/2022) realisasi harga telur di tingkat peternak di Ciamis sudah turun ke angka Rp 23.300 per kg.

“Hari ini harga telur di kandang hanya kisaran Rp 20.000-Rp 21.000 per kg. Tiap hari terjadi penurunan harga (telur),” ujar H Kuswara Suwarman yang juga pengelola peternakan Tanjung Mulya Grup Panumbangan tersebut kepada Tribun.

Banyak hal yang menyebabkan merosotnya harga telur yang terjadi terus menerus tersebut.

Di antaranya karena permintaan pasar mulai berkurang, daya serap telur untuk bansos juga terjeda (menanti jadwal lanjutan) serta meningkatnya pasokan.

Dengan jatuhnya harga di tingkat peternak sampai di kisaran Rp 20.000-Rp 21.000 per kg menurut H Kuswara, peternak ayam petelur di Ciamis dan sekitarnya sekarang lagi menanggung kerugian yang cukup besar. Ada selisih antara harga telur dengan BEP yang cukup besar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved