Herry Dermawan Ketua Umum GOPAN, Ajak Peternak Ayam Bersatu Agar Kebijakan Pemerintah Pro-peternak

Herry Dermawan terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua Umum Garda Organisasi Peternak Ayam Nasional (GOPAN). Ajak peternak ayam bersatu.

Editor: Kisdiantoro
Istimewa
Pengurus Garda Organisasi Peternak Ayam Nasional (GOPAN). Herry Dermawan terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua Umum GOPAN hingga 2025. 

TRIBUNJABAR.ID, BOGOR – Herry Dermawan terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua Umum Garda Organisasi Peternak Ayam Nasional (GOPAN).

Dia akan menjalankan roda organisasi para peternak ayam mandiri itu hingga 2025.

Pemilihan Ketua Umum dan pengurus GOPAN ini dilakukan dalam Musyawarah Nasional (MUNAS) IV GOPAN dan Sarasehan Perunggasan Nasional yang dilaksanakan pada Rabu – Kamis, 21–22 September 2022 bertempat di IPB International Convention Center (IICC), Bogor, Jawa Barat.

Sebelumnya, Herry memegang jabatan yang sama untuk periode 2015–2020. Dalam kepengurusan GOPAN periode ini melibatkan sekitar 70 persen peternak muda yang akan meneruskan jalannya roda organisasi ke depan.

Dalam sambutannya, Herry menyatakan, situasi bisnis perunggasan saat ini sangat tidak baik. Untuk itu, pemerintah wajib melindungi eksistensi peternak rakyat.

Baca juga: Pasokan dari Peternak Ayam Mulai Normal, Harga Telur Ayam di Cimahi Kembali Turun

“Peternak rakyat akan selalu ada dan tetap ada. Peternak harus bersatu padu dan bergandengan tangan untuk bisa memengaruhi kebijakan pemerintah agar berpihak kepada peternak,” ajak Herry dalam rillis yang diterima Tribunjabar.id, Kamis (22/9/2022).

Sebelum Munas, dilakukan pembekalan oleh Dewan Penasehat GOPAN, Prof Muladno serta Dewan Pembina GOPAN, Tri Hardiyanto.

Menurut Muladno, GOPAN harus bisa menjadi teladan bagi para peternak. Juga harus bisa mempelopori perubahan besar yang sifatnya fundamental untuk kebaikan perunggasan.

“GOPAN harus bisa memetakan keanggotaannya sekaligus berbenah dan memperkuat soliditas di internal melalui konsolidasi agar bisa menjadi organisasi yang profesional,” pintanya.

Sedangkan Tri menyampaikan, GOPAN harus melakukan advokasi dalam pemerataan GPS (Grand Parent Stock) terutama bagi breeding farm yang memasok peternak mandiri dan juga memberi kesempatan peternak mandiri untuk “mandiri bibit” melalui model “Mini GPS Farm”.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved