Di Balik Nyamannya Pelayanan KAI, Ada Petugas yang Siap Melayani

Dari tahun ke tahun, moda transportasi kereta api selalu menjadi primadona dan andalan bagi sebagian besar masyarakat untuk melakukan kegiatan. Untuk

KAI
Di balik nyamannya pelayanan KAI, ada petugas yang siap melayani 

TRIBUNJABAR.ID, Dari tahun ke tahun, moda transportasi kereta api selalu menjadi primadona dan andalan bagi sebagian besar masyarakat untuk melakukan kegiatan. Untuk itu KAI selaku penyedia jasa terus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya.

2 Di balik nyamannya pelayanan KAI, ada petugas yang siap melayani
Di balik nyamannya pelayanan KAI, ada petugas yang siap melayani

Berbicara tentang pelayanan tentu tak bisa dipisahkan dari para petugas yang menjadi garda depan. Para petugas inilah yang menjadi wajah pelayanan kereta api, baik di stasiun maupun di kereta.

3 Di balik nyamannya pelayanan KAI, ada petugas yang siap melayani
Di balik nyamannya pelayanan KAI, ada petugas yang siap melayani

Bagi kamu yang hobi naik kereta api, pasti sering menjumpai petugas-petugas yang selalu siap melayani baik di stasiun maupun di dalam kereta api. Siapa saja mereka? Berikut penjelasannya.

1. PKD (Petugas Keamanan Dalam)

PKD memiliki tanggung jawab atas keamanan stasiun. Seorang PKD bertugas untuk mengontrol kondisi stasiun. Mereka juga mempunyai kewajiban memberikan pelayanan kepada penumpang yakni memberikan informasi yang akurat bila penumpang bertanya.

Oleh karena itu, seorang PKD juga dibekali dengan pengetahuan seputar fasilitas di stasiun dan jadwal keberangkatan kereta api. Apabila ada kejadian yang mengganggu keamanan dan keselamatan di stasiun, kamu bisa menghubungi PKD yang bertugas.

2. Customer Service on Station (CSOS)

CSOS memiliki tugas untuk memberikan layanan informasi dan menangani keluhan pelanggan di stasiun. CSOS harus memiliki jiwa melayani yang tinggi, cepat tanggap, dan mengerti kebutuhan pelanggan. Jika kamu membutuhkan informasi terkait layanan, program-program KAI, keluhan, saran, serta kritik, kamu dapat menemui petugas CSOS.

3. Porter

Meski porter bekerja di lingkungan stasiun kereta api, jasa porter tidak dikelola langsung oleh KAI. Status pekerjaan porter di stasiun adalah freelance atau pekerja lepas yang dikoordinasikan oleh seorang ketua.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved