Sudah Berdiri Megah dan Telan Anggaran Rp 142 M, Gedung Baru KBB Belum Bisa Ditempati karena Ini

Pembangunan gedung dewan tersebut memang sudah selesai 100 persen, tetapi belum bisa digunakan karena ini

Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Kondisi Gedung DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) di Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah sebelum pembangunannya selesai. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Gedung DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) di Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, hingga saat ini masih belum bisa ditempati meskipun pembangunannya telah rampung sejak Juni 2022 lalu.

Seperti diketahui, pembangunan gedung wakil rakyat itu menelan anggaran sebesar Rp 142 miliar untuk konstruksi bangunan dari APBD.

Sedangkan untuk fasilitas lain seperti taman dan parkiran akan dialokasikan pada tahun 2023 mendatang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) KBB, Adang Rahmat Safaat mengatakan, pembangunan gedung dewan tersebut memang sudah selesai 100 persen, tetapi belum bisa digunakan karena masih menunggak ke pihak ke tiga sekitar Rp 6 miliar.

Baca juga: Kantor Masih Ngontrak, KPU KBB Ingin Gunakan Gedung DPRD Setelah Dewan Tempati Gedung Baru

"Bangunan itu belum bisa ditempati karena belum ada serah terima dari pihak ketiga akibat sisa pembayaran sebasar Rp 6 miliar belum dibayarkan," ujar Adang di Perkantoran Pemkab Bandung Barat, Rabu (21/9/2022).

Kendati demikian, Adang memastikan bahwa gedung DPRD ini akan segera bisa ditempati karena pemerintah daerah bakal mengalokasikan pembayaran pada APBD perubahan.

Menurutnya, pembayaran tunggakan itu harus segera dibayar karena sesuai niat awalnya, bahwa kehadiran gedung itu bisa digunakan untuk rapat paripurna dewan supaya tak perlu menyewa tempat dan membayar uang sewa.

"Insya Allah di perubahan ini dianggarkan sehingga bisa segera digunakan. Hanya menunggu pembayaran selesai pada APBD perubahan," katanya.

Adang mengatakan, jika tunggakan sudah dibayar dan sudah ada serah terima, maka gedung ini sudah bisa langsung digunakan oleh semua anggota dewan yang saat ini masih menempati gedung lama di Jalan Raya Tagog Padalarang.

Baca juga: Pembangunan Gedung DPRD KBB Diprediksi Meleset dari Target, Pekerja Akan Kerja Lembur

Untuk saat ini, kata Adang, pembangunan Gedung DPRD KBB itu tinggal penataan unitilitas dan fasilitas lainnya, terutama sarana parkir kendaraan.

"Untuk penataan parkir taman, pagar, dan lainnya akan dilanjutkan tahun 2023. Tapi prinsipnya, pembangunan gedung itu sekarang sudah selesai," ucap Adang.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved