Adhikarya Parlemen

Kreativitas Pengajar Mendorong Pemahaman Pelajar Terhadap Empat Pilar Kebangsaan

Kreativitas pengajar mendorong pemahaman pelajar terhadap Empat Pilar Kebangsaan

istimewa
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Hj Tina Wiryawati, S.H 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Empat Pilar Kebangsaan, yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), harus terus disosialisasikan diterapkan kepada para pelajar di sekolah supaya mereka bisa lebih mengenal karakter, sejarah, budaya, dan nilai-nilai luhur bangsanya sendiri.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Hj Tina Wiryawati, S.H., mengatakan ini menjadi tugas juga bagi para pendidik di sekolah supaya para pelajar dapat memahami Empat Pilar Kebangsaan dan mengimplementasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari.

"Sebaiknya para pendidik lebih banyak mengajak murid-muridnya untuk semakin mendalam mencintai NKRI dengan lebih banyak lagi, menggali betapa kayanya alam Indonesia dan betapa beragamnya budaya Indonesia," kata anggota dewan dari Fraksi Gerindra ini, Rabu (21/9).

Ia mengatakan semua keragaman dan kekayaan bangsa dan negara inj harua dijaga, wajib dipertahankan demi generasi selanjutnya dan keberlangsungan kehidupan di Indonesia.

"Ini wajib dipertahankan dan dijaga agar tidak jatuh ke tangan bangsa asing. Dan anak-anak muda yang saat ini cenderung lebih tertarik pada budaya asing, pihak sekolah dapat mengusahakan untuk mengadakan banyak kegiatan mengangkat dan mengajak anak-anak untuk mencintai dan bangga kepada budaya dan kebhinekaan Indonesia," katanya.

Kegiatan yang digelar di sekolah, katanya, dapat dibuat semenarik dan sekreatif mungkin tanpa menghilangkan keutamaan Empat Pilar Kebangsaan.

Dengan demikian, para pelajar akan tertarik untuk mendalaminya kemudian mengimplementasikannya.

Sebelumnya, Tina menggelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan kepada para pelajar kelas XII Madrasah Aliyah Al Munawwar di Desa Gegempalan, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Sabtu (17/9).

Anggota Komisi I ini mengatakan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan tersebut kini difokuskan kepada para generasi muda.

Ia juga menyebutkan bahwa Empat Pilar Kebangsaan ini sangat penting dipahami oleh generasi muda.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved