Adhikarya Parlemen

Empat Pilar Kebangsaan Menjadi Tameng Pengaruh Buruk di Dunia Maya dan Nyata

Empat Pilar Kebangsaan diharapkan dapat menjadi tameng dari pengaruh buruk di dunia maya dan nyata

istimewa
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Hj Tina Wiryawati, S.H., yang menggelar sosialisasi Empat Pilar 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Di tengah zaman yang serba digital dan dunia pun terkoneksi melalui internet, Empat Pilar Kebangsaan, yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), harus menjadi unsur pembentuk kepribadian setiap manusia Indonesia.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Hj Tina Wiryawati, S.H., mengatakan kepribadian yang berlandaskan Empat Pilar Kebangsaan ini tidak hanya berlaku di dunia nyata, melainkan harus berlaku juga di dunia maya.

Hal ini menjadikan generasi bangsa ini menjadi pribadi yang berkualitas, baik di dunia nyata maupun dunia maya.

"Dalam kesempatan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan kepada para pemilih pemula, Bunda mengarahkan agar tidak terjadi persinggungan di dunia media sosial, juga sebaiknya selalu cross check berita-berita sebelum di-forward atau di-upload," kata Anggota Komisi I tersebut di Bandung, Rabu (21/9).

Ia mengatakan apalagi di tahun-tahun politik mendatang, akan banyak kampanye-kampanye negatif berseliweran di antara para calon, baik legislatif maupun eksekutif.

"Sebagai pemilih pemula harus bijak dan rajin research siapa yang akan dipilih nantinya serta jangan mudah terprovokasi dengan berita-berita hoax, dan selalu harus menyadari bahwa kebhinnekaan adalah fakta dari Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Ia mengatakan generasi muda di era bebas informasi melalui medsos saat ini diharapkan bisa selektif dalam mempelajari atau mendapatkan informasi melalui Internet.

"Penggunaan medsos yang tidak bijak dapat menimbulkan konsekuensi hukum yang diatur dalam UU ITE. Anak-anak muda sudah seharusnya paham dan juga bijak, jangan sampai terjerat dalam tindakan yang akan merugikan ke depannya," kata Tina.

Sebelumnya, Tina menggelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan kepada para pelajar kelas XII Madrasah Aliyah Al Munawwar di Desa Gegempalan, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Sabtu (17/9).

Anggota Komisi I ini mengatakan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan tersebut kini difokuskan kepada para generasi muda.

Ia juga menyebutkan bahwa Empat Pilar Kebangsaan ini sangat penting dipahami oleh generasi muda.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved