Berkat Puisi, Pelajar Asal Cianjur Ini Bisa Jalan-Jalan ke Singapura-Malaysia Kenalkan Budaya Sunda

Deni mengatakan, di Singapura dan Malaysia ia mengenalkan puisi tidak hanya kepada pelajar namun kepada mahasiswa dan dosen.

Penulis: Ferri Amiril Mukminin | Editor: Ravianto
dok pribadi M Deni Maulana
M Deni Maulana (18) pelajar kelas 12 IPS 2 SMAN 1 Cianjur yang menjadi juara nasional puisi tahun 2022. 

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Berkat puisi, pelajar asal Cianjur bisa keliling ke luar negeri, jalan-jalan sambil memperkenalkan Budaya Sunda.

Hal tersebut dilakukan oleh M Deni Maulana (18) pelajar kelas 12 IPS 2 SMAN 1 Cianjur yang menjadi juara nasional puisi tahun ini.

Deni mengatakan, di Singapura dan Malaysia ia mengenalkan puisi tidak hanya kepada pelajar namun kepada mahasiswa dan dosen.

Ia mengaku termotivasi belajar puisi sejak kelas VI SD saat gurunya membacakan sebuah puisi di hadapannya.

"Sejak kelas VI SD sudah termotivasi guru, baru di tingkat SMP awal bisa mengembangkan bakat sampai ikut lomba,  dari puisi saya bisa belajar sekaligus jalan-jalan karena saya termasuk yang terpilih dalam pertukaran pelajar Singapura dan Malaysia," ujar Deni ditemui di SMAN 1 Cianjur, Rabu (21/9/2022).

Deni mengatakan, di negara tetangga ia berkesempatan memperkenalkan puisi bahasa Sunda selain puisi berbahasa Indonesia.

Menurutnya, ia lebih banyak memberikan edukasi dan sharing salam puisi dengan para pelajar dari luar Indonesia.

Deni mengatakan, ia juara nasional Kemendikbud dengan puisi yang dibawakannya berjudul Sagu Ambon dan puisi pilihan Sampur Gandrung.

"Tahapannya kemarin ikut tahapan provinsi wakil Jabar maju ke tingkat nasional ternyata tak hanya pelajar dari Indonesia saja yang ikut, kemarin melawan 34 provinsi plus siswa yang belajar di luar negeri Arab Saudi, Filipina, dan Malaysia," katanya.(fam)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved