Beban Masyarakat Kian Berat, Pemerintah Akan Naikkan Tarif Tol Lagi, Alasannya Ekonomi Bergerak

Beban masyarakat akan bertambah lagi. Setelah naiknya harga bahan bakar minyak, pemerintah juga akan melakukan penyesuaian tarif tol. 

Editor: Giri
TRIBUNJABAR.ID/CIKWAN SUWANDI
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau arus mudik di rest area Km 57 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Selasa (26/4/2022). Pemerintah berencana menaikkan tarif tol seiring naiknya harga BBM. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Beban masyarakat akan bertambah lagi. Setelah naiknya harga bahan bakar minyak, pemerintah juga akan melakukan penyesuaian tarif tol

Hal itu dikatakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Baruki mengatakan, pihaknya berencana untuk melakukan penyesuaian tarif tol setelah melihat perekonomian nasional yang kembali bergerak dan aturan baru terkait harga bahan bakar minyak (BBM).

"Kalau tarif tol karena ini kondisi pandemi Covid-19 agak saya tahan-tahan (kenaikan tarif tol), sekarang sudah bergerak ekonominya, sesuai aturan, sesuai inflasi, kita coba penyesuaiannya (tarif tol)," kata Basuki ditemui seusai meninjau Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2, Jalan Tenjo Ayu, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (20/9/2022).

Baca juga: Tol Cibitung - Cilincing Resmi Beroperasi, Presiden Jokowi: Percepat Distribusi Barang

Meski demikian, Basuki mengatakan, penyesuaian tarif tol akan mempertimbangkan kemampuan masyarakat yang dilihat dari hasil survei.

"Selama penyesuaiannya willingness to pay-nya masih di bawah yang kita selalu survei, kita akan sesuaikan," ujarnya.

Lebih lanjut, Basuki mengatakan, penyesuaian tarif tol akan berpengaruh pada pelayanan tol dan iklim investasi.

Baca juga: Ini Daftar Korban Kecelakaan Maut Elf Tabrak Truk di Tol Cipali KM 136, Mayoritas Warga Lampung

"Mudah-mudahan, kita lihat, selama ini saya kadang-kadang dikomplain melanggar undang-undang tapi selama membela masyarakat (dilakukan)," ucap dia. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menteri PUPR Akan Lakukan Penyesuaian Tarif Tol Akibat Kenaikan Harga BBM"

Sumber: Kompas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved