Adhikarya Parlemen

Anggota DPRD Jawa Barat Tina Wiryawati; Empat Pilar Kebangsaan, Pemersatu di Tengah Perbedaan

Anggota DPRD Jawa Barat Tina Wiryawati mengatakan Empat Pilar Kebangsaan bisa jadi pemersatu di tengah perbedaan

istimewa
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Hj Tina Wiryawati, S.H 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Hj Tina Wiryawati, S.H., mengatakan bahwa sebagai calon pemilih pemula, para pelajar tingkat SMA harus mengenali dan mengetahui sosok pemimpin dan wakil rakyat yang akan dipilihnya, baik dari legislatif maupun eksekutif, pada 2024.

"Meskipun masih banyak yang bingung dalam mengenali dan menentukan pilihannya, bisa juga anak-anak ini membuat suatu grup antar mereka untuk diskusi atau ngobrol politik awal dengan mencari data-data para calon pemimpin dan wakil rakyat," kata anggota dewan dari Fraksi Gerindra ini, Rabu (21/9).

Ia mengatakan data mengenai sosok-sosok yang akan dipilih pada 2024 ini dapat didapat melalui internet.

Termasuk sistem pemilihan, tahapan, dan pembagian daerah-daerah pemilihannya.

"Bisa melalui internet dicarinya, sehingga mereka mengetahui latar belakang calon-calin yang akan mereka pilih. Jangan sampai karena bingung atau tidak paham, malah justru mereka acuh tak acuh dan golput," katanya.

Tina mengatakan dalam hal perbedaan pendapat, di sinilah fungsi dari Empat Pilar Kebangsaan yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Keempatnya menjadi penguat dan pemersatu dalam berbagai perbedaan.

"Apabila ternyata pilihan seseorang berbeda dengan temannya, jangan meledek atau menjelek-jelekkan pilihan temannya yang berbeda. Justru dari kita sendiri harusnya fokus mencari referensi apakah pilihan kita sudah sesuai dengan sosok wakil atau pemimpin yang kita harapkan," katanya.

Sebelumnya, Tina menggelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan kepada para pelajar kelas XII Madrasah Aliyah Al Munawwar di Desa Gegempalan, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Sabtu (17/9).

Anggota Komisi I ini mengatakan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan tersebut kini difokuskan kepada para generasi muda.

Ia juga menyebutkan bahwa Empat Pilar Kebangsaan ini sangat penting dipahami oleh generasi muda.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved