Dinsos Kota Bandung Minta Jangan Berikan Uang ke Pengemis hingga Gelandangan, Jadi Mata Pencaharian

beberapa waktu lalu ramai ada pembersih kaca yang tertangkap Satpol PP lantaran kedapatan menggores badan mobil jika tak diberikan uanG

TRIBUN JABAR/KEMAL SETIA PERMANA
ILUSTRASI PENGAMEN BONEKA - Pengamen boneka Pokemon mengamen di simpang tiga Jalan Supratman - Jalan Pahlawan, Kota Bandung. Pengamen berkostum karakter ini semakin menjamur di Kota Bandung. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dinas Sosial Kota Bandung meminta masyarakat tak memberikan uang ke Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS, termasuk pengemis, pengamen, gelandangan, manusia gerobak, dan boneka pengemis.

Hal itu diungkap langsung Kepala Dinas Sosial Kota Bandung, Soni Bakhtiyar.

Menurutnya, imbauan tersebut sebagai bagian menciptakan keamanan sosial di Bandung. Apalagi, katanya, beberapa waktu lalu ramai ada pembersih kaca yang tertangkap Satpol PP lantaran kedapatan menggores badan mobil jika tak diberikan uang di wilayah Istana Plaza.

Baca juga: Pengamen Tajir di Probolinggo yang Sawer Biduan Dangdut Ternyata Berpenghasilan Setengah Juta Sehari

"Ya betahnya pengemis, pengamen, gelandangan, manusia gerobak, dan PPKS lainnya ada di jalanan karena mereka diberi uang dan menjadikannya itu mata pencahariannya," katanya, Selasa (20/9/2022).

Sony mengimbau kepada masyarakat agar tak berikan uang kepada mereka dan bukan berarti tak peduli, melainkan bentuk upaya memutus mata rantai kelompok masyarakat yang menjadikan mengemis, mengamen, dan menjual belas kasihan sebagai mata pencaharian.

"Jika masyarakat melihat atau mengalami gangguan ketertiban sosial yang diakibatkan oleh PPKS bisa langsung hubungi hotline Dinsos Kota Bandung di 0812-2174-2841 atau melaporkan melalui Layanan Aduan 112 dan LAPOR!," ujarnya.(*)

Baca juga: VIRAL Seorang Pengamen Tak Sadar Duet Dengan Tantri Kotak, Nyanyikan Lagu Pelan-Pelan Saja

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved