Dukung Pengendalian Inflasi, Jabar Salurkan Bantuan Rp 100 Miliar, Ini Peruntukkannya

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan Pemprov Jabar menyalurkan bantuan langsung tunai sebesar lebih dari Rp 100 miliar untuk pengendalian inflasi

Editor: Siti Fatimah
Tribun Jabar/ Muhamad Syarif Abdussalam
Gubernur Jabar Ridwan Kamil 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan Pemprov Jabar menyalurkan bantuan langsung tunai sebesar lebih dari Rp 100 miliar untuk pengendalian inflasi setelah kenaikan harga BBM.

DPRD Jabar, katanya, menyarankan agar bantuan tersebut di antaranya berupa voucher atau kupon pembelian BBM agar bisa tepat sasaran.

"BLT kita sekarang naik dari tadinya Rp 27 miliar menjadi Rp 50 miliar, ditambah Rp 50 miliar yang sebelumnya untuk dampak inflasi. Jadi total sebenarnya Jawa Barat untuk pengendalian inflasi dan BLT itu Rp 100 miliaran," katanya di Gedung Sate, Senin (19/9).

Baca juga: Jawa Barat Raih Penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah Terbaik Wilayah Jawa-Bali

Ia mengatakan bantuan ini terbagi menjadi bantuk pengendalian inflasi yang tidak langsung seperti operasi pasar, sedangkan Rp 50 miliar lagi merupakan bantuan langsung.

Ilustrasi - Sejumlah warga mendatangi Operasi Pasar murah di KBB, Minggu (20/3/2022).
Ilustrasi - Sejumlah warga mendatangi Operasi Pasar murah di KBB, Minggu (20/3/2022). (Disperindag KBB)

"Tapi kita lihat supaya tidak disalah-belanjakan, DPRD menyarankan bentuknya itu adalah kupon. Kupon tunai untuk bensin untuk beli BBM karena tujuannya itu. Khususnya untuk solar di level nelayan," katanya.

Baca juga: Di Tengah Pandemi dan Inflasi Akibat Kenaikan BBM, UMKM Didorong untuk Melek Dgital

Ia mengatalan jangan sampai uangnya yang tadinya niatnya untuk subsidi BBM, malah dipakai penerimanya untuk keperluan lain-lain.

"Jadi akhirnya kita atur mekanismenya memang harus diperuntukkan untuk subsidi bahan bakar. Penyaluran harusnya udah ya udah mulai, karena kan empat bulan. Rp 600 ribu dibagi 4 bulan," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved