Baznas Kota Bandung Gandeng Warga Tegal untuk Tingkatkan Capaian Zakat

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung menggandeng warga Tegal di Kota Bandung yang terhimpun dalam Persaudaraan Masyarakat Tegal Bahari

Istimewa/Baznas
Ketua Baznas Kota Bandung Dr Akhmad Roziqin M.Ag 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung menggandeng warga Tegal di Kota Bandung yang terhimpun dalam Persaudaraan Masyarakat Tegal Bahari (Permata Bahari) untuk peningkatan capaian zakat.

Ketua Baznas Kota Bandung, Akhmad Roziqin menyampaikan bahwa pihaknya telah melantik unit Pengumpul Zakat (UPZ) Permata Bahari sejak Sabtu (17/9/2022) di Aula Gedung Gelanggang Generasi Muda (GGM), Kota Bandung.

Menurutnya, ada dua regulasi yang memungkinkan organisasi untuk menghimpun uang dari masyarakat berdasar Undang-undang Nomor 9 Tahun 1961 tentang Pengumpulan Uang dan Undang-undang Nomor 11 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.

UPZ memiliki keabsahan untuk menghimpun uang berdasarkan undang-undang nomor 23 tahun 2011.

Baca juga: Baznas Jabar Peringati Hari Pelanggan Nasional, Ingin Permudahkan Muzaki Salurkan Zakat

"UPZ yang telah kami lantik yaitu UPZ Permata Bahari. Mereka merupakan bagian tak terpisahkan satu organ dengan Baznas, yaitu dalam hal ini Baznas Kota Bandung yang miliki keabsahan hukum untuk menghimpun uang (Zakat, Infak, dan Sedekah)," kata Akhmad, Senin (19/9/2022).

Dia menambahkan, kini pengurus UPZ Permata Bahari telah resmi menjadi amilin, yang merupakan profesi yang dituliskan dalam Alquran.

"Mereka sekarang menduduki jabatan sebagai amilin, amilin ini adalah satu-satunya profesi yang disebutkan dalam Alquran," ujarnya.

Ketua UPZ Permata Bahari, Daruri mengaku bahwa tugas yang diembannya ini merupakan amanah yang berat. Namun, dia meyakini bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk orang banyak dan dia memohon doa untuk dimudahkan dalam menjalankan tugasnya.

"Bismillah sekemampuan kami, memohon kemudahan dari Allah SWT untuk mampu melaksanakan amanah ini," ujarnya.

Ketua Permata Bahari, Ajie Giyatmoko berharap UPZ Permata Bahari dapat menjadi tempat muzaki dari kalangan pedagang untuk menunaikan kewajiban berzakat dan berbuat kebaikan.

"UPZ ini mimpi saya untuk bisa menjadi embrio temen-temen para pedagang warteg, kelompok nasi goreng, dan lain sebagainya, untuk bisa memberikan kewajiban sebagai muslim yaitu zakat," katanya.(*)
 

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved