PDIP di Sumedang Gelar Lomba Masak Berbasis Bahan Pangan Lokal, Ada Bakpau Ubi Sampai Piza Singkong

PDIP menggelar lomba memasak berbahan baku pangan lokal di Sumedang. Ada yang membuat piza singkong.

Penulis: Kiki Andriana | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Kiki Andriana
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPC Kabupaten Sumedang menggelar lomba masak berbasis bahan pangan lokal, di Gedung Kandaga Guru Sumedang, Minggu (18/9/2022). 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Pernah mencoba bakpau berbahan dasar ubi tanpa campuran tepung beras dalam proses pembuatannya? Atau hidangan gurih khas Italia, piza berbahan dasar singkong? Semua itu ada di Sumedang, Jawa Barat. 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar lomba memasak bahan-bahan lokal untuk para kader partai dan masyarakat Sumedang pada umumnya. 

Lomba ini digelar di Gedung Kandaga Guru Sumedang,  Minggu (18/9/2022). 

Bahan-bahan lokal yang dimaksud adalah bahan non beras. Masyarakat peserta lomba dengan bebas boleh memilih singkong, ubi, sorgum, sukun, ganyol, talas, wortel, dan hasil bumi lainnya untuk dijadikan hidangan. 

Hidangan yang tercipta beragam segmentasi. Ada yang bisa dinikmati orang dewasa bahkan untuk bayi di bawah umur dua tahun (baduta). 

Ade Sukmana (45), peserta asal Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, yang daerahnya merupakan pengahasil ubi terbaik membuat bakpau ubi. 

"Ah, cuma 15 menit langsung jadi. Asal ubinya sudah dikukus," kata Ade. 

Ubi warna ungu yang telah dikupas kulitnya dan dikukus kemudian dihancurkan untuk dibuat adonan. Ubi yang telah lembut dicampur telur dan gula merah. 

Setelah dibentuk bulat seperti bakpau, adonan itu kemudian dikukus dan jadilah bakpau ubi yang manis dan menyehatkan karena tanpa bahan kimia. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved