Lomba Masak Berbahan Pangan Lokal ala PDIP di Sumedang Berhadiah, Segini Besarannya

Bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan-bahan yang sangat mudah ditemukan di Sumedang, namun ketika dimasak, sajian jadi unik

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/ Kiki Andriana
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPC Kabupaten Sumedang menggelar lomba masak berbasis bahan pangan lokal, di Gedung Kandaga Guru Sumedang, Minggu (18/9/2022). 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - DPD PDIP Jawa Barat bekerja sama dengan DPC Partai Demokrasi Indonesia menggelar lomba masak dengan bahan pangan lokal sebagai bahan dasar masakannya.

Di Sumedang, kegiatan itu berlangsung Minggu (18/9/2022) di Gedung Kandaga Guru Sumedang.

Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut dan menampilkan hidangan terbaik yang bisa mereka buat.

Baca juga: PDIP di Sumedang Gelar Lomba Masak Berbasis Bahan Pangan Lokal, Ada Bakpau Ubi Sampai Piza Singkong

Bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan-bahan yang sangat mudah ditemukan di Sumedang, namun ketika dimasak, sajian yang dihidangkan tak sedikit yang unik dan jarang ditemukan.

Misalnya ada peserta dari Kecamatan Pamulihan membuat bakpau ubi dan pizza singkong. Ada juga yang membuat makanan untuk bayi dari jamur dan jagung.

"Ternyata keaneka ragaman hayati di Sumedang sangat besar, dan penganan-penganan yang dibuat bisa menjadi pengganti nasi," kata Ketua Pelaksana Lomba Memasak PDIP Sumedang, Rita Rosana Podesta di lokasi lomba.

Dia mengatakan, para peserta lomba jumlahnya 35 tim dari pendaftar sebanyak 37 tim. Setiap tim rata-rata berjumlah 3 orang.

"Ini sekalian mengangkat potensi UMKM di Sumedang. Dari aktivitas mengolah bahan lokal, bisa menghasilkan rupiah," kata Rita.

Rita menjelaskan lomba ini juga berhadiah. Juara pertama mendapat hadiah uang Rp5 juta, juara kedua Rp3 juta, dan juara ketiga Rp2 juta.

Wakil Ketua DPRD Jawa Barat dari PDIP, Ineu Purwadewi di lokasi yang sama mengatakan bahwa kegiatan ini serentak dilakukan se-Jawa Barat.

Baca juga: Bantu Katrol IPM, Fraksi PDIP Cianjur Usul Perda Pendidikan Anak Usia Dini

"Hari ini serentak semua, nanti pemenang 1, 2, dan 3 akan ditunjuk mewakili Kabupaten ke tingkat Provinsi yang lomba masaknya akan berlangsung 2 Oktober di Bandung," kata Ineu.

Dia mengatakan dari 26 Kecamatan di Sumedang, menu pangan lokal bisa jadi primadona. Masing-masing kecamatan punya pangan lokal unggulan.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved