Pemilu 2024

Setelah Nama 14 Warga Diambil Parpol Tanpa Izin, Kini Nama Komisioner KPU Ciamis Pun Dicatut Partai

14 warga mengaku identitasnya secara sepihak dicantumkan parpol tertentu sebagai anggota parpol tanpa izin hingga nama komisioner KPU Ciamis dicatut

Penulis: Andri M Dani | Editor: Darajat Arianto
TRIBUN JABAR / CIKWAN SUWANDI
14 warga mengaku identitasnya secara sepihak dicantumkan parpol tertentu sebagai anggota parpol tanpa izin hingga nama komisioner KPU Ciamis dicatut. 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Menyusul maraknya temuan pencantuman sepihak (pencatut) identitas warga, baik NIK maupun nama oleh parpol, pihak KPU Ciamis pun membuka link pengaduan bagi masyarakat.

Sejak dibukannya link pengaduan sejak Kamis (1/9) sampai Rabu (14/9) ada 14 warga yang mengisi form aduan.

Ke-14 warga tersebut mengaku identitasnya secara sepihak dicantumkan oleh parpol tertentu sebagai anggota parpol tersebut tanpa izin.

“Untuk tahapan pertama mulai tanggal 1 September sampai tanggal 14 September ada 14 aduan yang masuk ke link pengaduan,” ujar Ketua KPU Ciamis, Sarno Maulana Rahayu kepada Tribun Jumat (16/9).

Dari 14 warga yang sudah melaporkan identitasnya digunakan secara sepihak (dicatut) oleh parpol tertentu tersebut menurut Sarno di antaranya adalah guru honorer yang sudah berstatus Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (P3K), juga ada pendamping PKH berikut seorang staf KPU Ciamis.

“Bahkan identitas seorang komisioner KPU Ciamis, Pak Said (Said Attanjani) juga dicantumkan tanpa izin oleh salah satu parpol,” katanya.

Identitas Komisioner KPU Ciamis tersebut ungkap Sarno tercantum sebagai anggota parpol baru di daerah Tasikmalaya.

“Identitas seorang komisioner KPU Ciamis tercantumnya sebagai anggota salah satu parpol di daerah Tasikmalaya. Padahal yang bersangkutan adalah warga Ciamis,” ujar Sarno sembari menyebut nama parpol pendatang baru tersebut.

Sesuai dengan surat KPU No 670 tahun 2022, dengan adanya 14 pengaduan sampai batas waktu tahap I (Rabu, 14/9) tersebut menurut Sarno, KPU Ciamis mengundang ke-14 warga tersebut untuk klarifikasi di KPU Ciamis Kamis (15/9).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved