Ngatiyana Lengser Oktober 2022, Sekda Hingga Pejabat Pemprov Jabar Diajukan Jadi Pj Wali Kota Cimahi

DPRD Kota Cimahi mengajukan 3 nama sebagai Penjabat Wali Kota Cimahi ke Kemendagri menggantikan Wali Kota Cimahi Ngatiyana yang habis masa jabatan

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Darajat Arianto
Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Wali Kota Cimahi Ngatiyana. DPRD Kota Cimahi mengajukan 3 nama sebagai Penjabat Wali Kota Cimahi ke Kemendagri menggantikan Wali Kota Cimahi Ngatiyana yang habis masa jabatannya pada 22 Oktober 2022. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Cimahi mengajukan tiga nama sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi ke Kemendagri untuk menggantikan Wali Kota Cimahi Ngatiyana yang masa jabatannya habis pada 22 Oktober 2022.

Tiga nama yang diusulkan menjadi Pj Wali Kota Cimahi itu adalah:

- Sekda Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan

- Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Benny Bachtiar

- Kepala BPSDM Jawa Barat, Hery Antasari.

Ketua DPRD Kota Cimahi Achmad Zulkarnain mengatakan, pemilihan tiga nama yang diajukan untuk mengisi jabatan Pj Wali Kota Cimahi itu berdasarkan peroleh suara dari setiap fraksi di DPRD Kota Cimahi.

"Nama-nama yang dipilih kemudian direkapitulasi dan dipilih yang mendapatkan suara terbanyak. Jadi, tiga nama calon yang mendapatkan suara terbanyak itulah yang diusulkan ke Mendagri," ujarnya saat dihubungi, Jumat (16/9/2022).

Baca juga: Jadi Wali Kota Cimahi Definitif, Ngatiyana Rombak Pejabat, Sebut Tidak Boleh Ada Jual Beli Jabatan

Ahmad mengatakan, pengajuan ketiga nama tersebut, nantinya akan dikirim pada hari terakhir batas waktu yang ditentukan, yaitu pada Jumat, 16 September 2022 ini.

Pengajuan nama-nama Penjabat Wali Kota Cimahi itu, kata Ahmad, dilakukan untuk menindaklanjuti surat dari Mendagri nomor 120/5142/SJ tertanggal 31 Agustus 2022.

Terkait pengisian jabatan Plt Wali Kota Cimahi ini, DPRD juga telah menggelar rapat paripurna pada Rabu (7/9/2022) malam untuk mengumumkan pemberhentian Wali Kota Cimahi masa jabatan 2017-2022 ini.

"Kami umumkan, masa jabatan kepala daerah di Kota Cimahi tersebut akan berakhir 22 Oktober 2022 mendatang," kata Achmad

DPRD Kota Cimahi sendiri, kata dia, bakal mengikuti semua tahapan yang semestinya dan menghormati penetapan nama Penjabat Wali Kota Cimahi sesuai keputusan dari Mendagri.

"Sampai saat itu, DPRD Kota Cimahi ikut menjalani proses yang tengah berlangsung dan menghormati siapapun yang ditetapkan jadi Pj Wali Kota Cimahi," ujarnya. (*)

 

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved