Dukung Pengembangan Dunia Pendidikan, Yamaha Resmikan Kelas Khusus Yamaha SMK ICB Cinta Teknika

Sebagai wujud komitmen dan kepedulian terhadap dunia pendidikan vokasi secara aktif dan konsisten khususnya SMK di Indonesia, PT. Yahama Indonesia Mot

Istimewa
Prosesi peresmian Kelas Khusus Yamaha oleh Manager Service CS Division PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Riyadi Prihanto, Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri Dirjen Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Saryadi Guyatno, ST., MBA., Kabid. PSMK Dinas Pendidikan Prov. Jabar Drs. Edy Purwanto, MM., dan Ketua Yayasan Insan Cinta Bakti (ICB) Bonur P, SH,, MH., dengan menekan tombol bersama secara simbolis.* 

TRIBUNJABAR.ID, Sebagai wujud komitmen dan kepedulian terhadap dunia pendidikan vokasi secara aktif dan konsisten khususnya SMK di Indonesia, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meresmikan ‘Kelas Khusus Yamaha’ di SMK ICB Cinta Teknika Jl. Terusan Jakarta No. 6B Bandung, Kamis (15/9/22).

Prosesi peresmian ‘Kelas Khusus Yamaha’ ini dilakukan oleh Manager Service CS Division PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Riyadi Prihanto, Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri Dirjen Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Saryadi Guyatno, ST., MBA., Kabid. PSMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Drs. Edy Purwanto, MM., dan Ketua Yayasan Insan Cinta Bakti (ICB) Bonur P, SH,, MH., dengan menekan tombol dan penandatanganan prasasti serta gunting pita secara simbolis.  

Penandatanganan prasasti oleh Ketua Yayasan Insan Cinta Bak
Penandatanganan prasasti oleh Ketua Yayasan Insan Cinta Bakti (ICB) Bonur P, SH,, MH., bersama Kabid. PSMK Dinas Pendidikan Prov. Jabar Drs. Edy Purwanto, MM., dan Manager Service CS Division PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Riyadi Prihanto.*

Acara dihadiri Chief Yamaha DDS II Jabar Jaya Utama, Manager Education Publication &Technical Warranty Aji Handoko, Coordinator Area Marketing Development Bhakti Ady Nugroho, General Manager PT. Jayamandiri Gemasejati Dani Junadi, Kepala Cabang PT. Jayamandiri Gemasejati Ujung Berung Erik Yudi Tustira, Service & Sparepart Manager PT. Jayamandiri Gemasejati Heru Adi Purnomo, Coordinator Service DDS2 Jabar Doddy Nur Susanto, Service Education Yamaha DDS 2 Jabar Dodih Sutriono, Service Adviser Yamaha Flagship Shop Bandung Dian Ramdhani, Pengawas Pembina SMK Kota Bandung Tini Sugiartini, M.Pd., dan Drs. Jaka Suprapta, M.PD., Direktur Pendidikan Timotius Chandra ICB, Direktur Sapras Limbert Hutahaen, para Kepala Sekolah dan tamu undangan.

Pemberian kunci sepeda motor secara simbolis oleh Chief
Pemberian kunci sepeda motor secara simbolis oleh Chief Yamaha DDS II Jabar Jaya Utama kepada Ketua Yayasan Insan Cinta Bakti (ICB) Bonur P, SH,, MH., sebagai penunjang sarana praktek siswa dalam meningkatkan keahliaannya.*

“Bentuk dukungan terhadap program Kelas Khusus Yamaha (KKY) di SMK ICB Cinta Teknika Bandung diantaranya Yamaha memberikan unit motor, mesin, peralatan, praktik dan membuat bengkel ruang praktik SMK juga ruang teori dengan standar Yamaha.

Program ini  merupakan salah satu transfer pengetahuan dibidang otomotif khususnya teknologi sepeda motor guna mencetak lulusan SMK yang handal dan mampu bersaing,”tutur Manager Service CS Division Yahama Indonesia Motor Manufacturing Riyadi Prihanto disela-sela peresmian.

Konferensi pers Ketua Yayasan Insan Cinta Bakti (ICB) Bonur P, SH,, MH.
Konferensi pers Ketua Yayasan Insan Cinta Bakti (ICB) Bonur P, SH,, MH., bersama Kabid. PSMK Dinas Pendidikan Prov. Jabar Drs. Edy Purwanto, MM., dan Manager Service CS Division PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Riyadi Prihanto saat melakukan tanya jawab dengan media.*

Riyadi mengatakan dengan diresmikannya KKY, SMK ICB Cinta Teknika secara resmi sudah menggunakan kurikulum yang tersinkronisasi dengan Yamaha. Sinkronisasi kurikulum ini bertujuan untuk menyelaraskan kurikulum industri (Yamaha) dengan kurikulum operasional yang dimiliki oleh SMK ICB Cinta Teknika.

“Program ini membimbing siswa dan siswi SMK untuk siap memasuki dunia kerja dan kewirausahaan, melalui standarisasi kurikulum Teknik Sepeda Motor sesuai kurikulum Yamaha Technical Academy yang selaras dengan perkembangan industri sepeda motor terkini dan mengacu pada standard Kompetensi Kerja Nasional sehingga mampu mengurangi kesenjangan dunia pendidikan dan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI),”jelasnya.

Mengunjungi Kelas Khusus Yamaha SMK ICB Cinta Teknika dan
Mengunjungi Kelas Khusus Yamaha SMK ICB Cinta Teknika dan berdialog dengan para guru pembimbing usai peresmian. *

Ia berharap dengan adanya Kelas Khusus Yamaha, SMK ICB Cinta Teknika bisa menghasilkan lulusan sumber daya manusia yang kompeten dan berdaya saing, bukan hanya lulusan yang siap kerja tetapi juga berkualitas dan siap berwirausaha. Kelas Khusus Yamaha ini bukan sekedar menjadikan siswa memiliki kompetensi dibidangnya, tetapi juga menjadikan siswa bisa berprestasi dengan akademik dan menjadikan siswa memiliki pendidikan karakter sesui dengan tuntutan dunia industri dan dunia usaha.

Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri Dirjen Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Saryadi Guyatno, ST., MBA., senada dengan Kabid. PSMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Drs. Edy Purwanto, MM., mengungkapkan pembukaan Kelas Khusus Yamaha (KKY) merupakan implementasi pengembangan sekolah kejuruan melalui industri. Kerjasama ini dinilai akan memberikan pengaruh positif pada peningkatan akses dan mutu dari pendidikan SMK itu sendiri agar terintegrasi dengan industri.

Foto bersama usai peresmian Bengkel Teaching Factory (TEFA) ICB
Foto bersama usai peresmian Bengkel Teaching Factory (TEFA) ICB Automobile Tecnology kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO). *

“Melalui kerja sama antara Yamaha dengan SMK ICB Cinta Teknika memberikan pengaruh yang sangat positif. Ini juga merupakan upaya peningkatan standar mutu pendidikan SMK agar bisa sesuai dengan kebutuhan industri. Bahkan adik-adik SMK ini harus mulai berpikir tentang berwirausaha juga,”kata Saryadi.   

Ketua Yayasan Insan Cinta Bakti (ICB) Bonur P, SH,, MH., didampingi Kepala Sekolah SMK ICB Cinta Teknika Sugiyo, S.Sos, MM., menuturkan kerjasama SMK ICB Cinta Teknika dengan PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sudah dilakukan sejak tahun 2004, saat itu dimulai dengan seminar teknologi sepeda motor Yamaha untuk siswa, dan terus dilakukan setiap tahunnya. Diikuti dengan berbagai kegiatan untuk meningkatakan kompetensi guru dan siswa. Akhirnya pada tahun 2022 SMK ICB Cinta Teknika mendapatkan status sebagai Kelas Khusus Yamaha. PT. YIMM juga memberikan donasi berupa unit motor, unit engine dan pembuatan ruang praktik sesuai standar Yamaha Training Center.

“Selain peresmian ‘Kelas Khusus Yamaha’ dalam kesempatan ini diperkenalkan juga Bengkel Teaching Factory (TEFA) ICB Automobile Tecnology kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO). Bengkel TEFA ini merupakan salah satu badan usaha unit sekolah yang bisa melayani service berbagai kendaraan ringan yang didalamnya melibatkan teknisi yang berpengalaman, lulusan SMK ICB, siswa magang dan siswa kompetensi keahlian TKRO,” terang Bonur.   

Bonur mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan supportnya Yamaha kepada SMK ICB Cinta Teknika juga Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kota Bandung yang selama ini sudah bersinergi dan berkolaborasi dengan sangat baik. “Ia berharap dengan diresmikannya KKY bengkel standar Yamaha Training Center dan bengkel Tefa di SMK ICB Cinta Teknika, menjadi titik awal untuk melahirkan insan berkualitas dan berdaya saing di dunia kerja. SMK ICB semakin maju dan mampu menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai standar industri,”pungkasnya.  

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved