KABAR BAIK Permudah Pembuatan SIM,Pemohon SIM di Jabar Bisa Pakai Simpel Pol untuk Periksa Kesehatan

Sebelum pemohon SIM ini datang untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan, pemohon bisa mendaftarkan dahulu di Simpel Pol.

Tribun Jabar/ Muhamad Nandri Prilatama
Pemohon SIM yang menggunakan aplikasi Simpel Pol 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Warga Jawa Barat yang ingin melakukan permohonan pembuatan surat izin mengemudi (SIM) kini dipermudah dengan hadirnya aplikasi Simpel Pol yang merupakan karya dari Ditlantas Polda Jabar.

Kasi SIM Ditlantas Polda Jabar, AKP Zanuar Cahyo Wibowo, menerangkan bahwa aplikasi Simpel Pol ini aplikasi untuk pemohon SIM guna memeriksakan kesehatannya.

"Jadi, pemeriksaan kesehatan itu bisa digunakan lewat aplikasi Simpel Pol ini yang sudah bisa didownload melalui app store dan playstore," katanya di Polda Jabar, Kamis (15/9/2022).

Baca juga: Viral di Medos Dugaan Bocornya Miliaran Data Kartu SIM, Kominfo Buka Suara: Tidak Memiliki Aplikasi

Sebelum pemohon SIM ini datang untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan, lanjut AKP Zanuar, pemohon bisa mendaftarkan dahulu di Simpel Pol, lalu mengikuti rangkaian pemeriksaan, serta menentukan jadwal bagi pemohon SIM yang akan memohonkan permohonan SIM.

"(Simpel Pol) ini intinya untuk mempersingkat waktu. Kemudian, pemohon mendapatkan hasil pemeriksaannya dan diverifikasi oleh dokter yang ditunjuk oleh Satpas masing-masing Polres di Jabar. Dia (pemohon) bisa memilih mau di Purwakarta atau mana saja dan kapan waktunya," ujarnya.

Simpel Pol ini sudah bisa digunakan pemohon SIM di seluruh Satpas pelayanan SIM yang ada di Polres di Jabar. AKP Zanuar juga mengatakan hadirnya inovasi Simpel Pol ini untuk mengefisiensikan waktu dan penerapan teknologi informasi dalam rangka pelayanan permohonan SIM.

"Jadi, penggunaan IT ini bisa membuat warga lebih mudah untuk mengakses pemeriksaan kesehatan dalam pelayanan SIM. Sebelum diluncurkan Simpel Pol ini, kami sudah sosialisasi dan ujicobakan. Adanya Simpel Pol ini bisa efisiensi waktu, antrean, dan lainnya. Pemohon enggak perlu repot lagi untuk mencari atau mendatangi dokter yang akan periksa hasil keterangan sehatnya," ucapnya.

Dirinya menambahkan, nanti akan keluar hasil pemeriksaan berupa barcode dan langsung diverifikasi oleh dokter mitra Polri yang ada di Satpas.

Aplikasi Simpel Pol ini juga sudah berlangsung selama seminggu.(*)

Baca juga: Green Service Polresta Cirebon, Warga Kini Bisa Bayar Pembuatan SIM dan SKCK Pakai Sampah Plastik

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved