Polisi Limpahkan Berkas Perkara Tahap Satu ke Kejati Jabar Kasus Pembunuhan Purnawirawan TNI

Berkas perkara pembunuhan purnawirawan TNI di Lembang Kabupaten Bandung Barat tahap satu, sudah dilimpahkan Polisi ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar.

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Darajat Arianto
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Rekonstruksi pembunuhan purnawirawan TNI di Lembang, Senin (5/9/2022). Berkas perkara pembunuhan purnawirawan TNI di Lembang Kabupaten Bandung Barat tahap satu, sudah dilimpahkan Polisi ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Berkas perkara pembunuhan purnawirawan TNI di Lembang Kabupaten Bandung Barat tahap satu, sudah dilimpahkan Polisi ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, penyerahan berkas tahap satu sudah dilakukan sejak 29 Agustus 2022.

Namun, pada 12 September 2022, kata dia, berkas tersebut dikembalikan oleh jaksa kepada penyidik untuk dilengkapi.

"Kemarin Senin tanggal 12 September 2022 berkas perkara dikembalikan untuk dilengkapi atau P19. Saat ini kami sedang melengkapi petunjuk jaksa," ujar Ibrahim Tompo, saat dihubungi Rabu (14/9/2022).

Sebelumnya, dalam perkara ini Polisi sudah beberapa kali melakukan pemeriksaan terhadap tersangka serta terbaru, Polisi bersama jaksa sudah menggelar rekonstruksi.

Baca juga: Terungkap, Pelaku Penusukan Purnawirawan TNI di Lembang Sempat Bohong, Ketahuan Saat Rekonstruksi

Berdasarkan hasil pemeriksaan dan rekonstruksinya, penyidik menemukan perbedaan antara keterangan yang diberikan pelaku dengan keterangan saksi dan fakta saat rekonstruksi seperti pengakuan pelaku yang diludahi dan diserang oleh korban.

"Fakta tersebut tidak ada, hanya terjadi perdebatan. Perubahan fakta ini ada keterangan berbeda dari awal," katanya.

Setelah ditemukan sejumlah fakta baru tersebut, penerapan pasal terhadap pelaku pun berubah, dari awalnya pasal 351 ayat 3, menjadi pasal 340 Jo pasal 338 Jo pasal 351 ayat 3.

"Ini disebabkan karena ada fakta baru yang ditemukan," ucapnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved