Kabar Gembira, Pemkot Bandung Bakal Kucurkan Dana Rp 1 Miliar Untuk Para Pelaku UMKM

Kepala Dinas KUKM Kota Bandung, Atet Dedi Handiman menyampaikan senilai Rp 1 miliar akan dibagikan ke 1200 pelaku UMKM dari total anggaran

Tribun Jabar/Cipta Permana
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Bandung, Atet Dedi Handiman menyampaikan senilai Rp 1 miliar akan dibagikan ke 1200 pelaku UMKM dari total anggaran yang berasal dari APBD. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung mengalokasikan anggaran senilai Rp 9,2 miliar dari dana transfer umum (DTU) untuk perlindungan sosial akibat kenaikan harga bahan bakar minyak.

Anggaran ini disalurkan dalam bentuk bantuan tunai.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Bandung, Atet Dedi Handiman menyampaikan senilai Rp 1 miliar akan dibagikan ke 1200 pelaku UMKM dari total anggaran yang berasal dari APBD.


"Rencana kami akan salurkan Oktober ini untuk Oktober, November, dan Desember. Tapi, belum tahu apakah akan setiap bulan atau sekaligus dibagikannya," ujarnya, Rabu (14/9/2022)


Adapun besaran bantuannya, lanjut Atet, tak akan jauh berbeda dengan BLT BBM yang diterima warga dari pemerintah pusat. Bantuan untuk 1200 pelaku UMKM ini di antaranya untuk PKL, pedagang keliling, dan jenis pedagang lainnya yang berskala kecil.

"Pelaku UMKM yang menerima juga telah terdaftat pada data terpadu kesejahteraan sosial. Mudah-mudahan UMKM bisa terantisipasi walau BBM naik," katanya.

Atet pun memastikan pihaknya terus melakukan validasi data UMKM yang bakal menerima bantuan tersebut guna menghindari data yang duplikat dengan bekerjasama pihak kecamatan untuk memverifikasi data penerima bantuan itu.

"Jadi, kami dari data disaring, berkoordinasi, dan data itu nanti akan dibagikan ke kecamatan supaya tepat sasaran. Kami harap para pelaku UMKM bisa terus normal melaksanakan kegiatan ekonominya. Kami juga bakal terus memberi arahan dan bimbingan bagi para UMKM yang nantinya menerima bantuan tersebut," ucapnya.(*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved