Bus Angkutan ASN Gratis Bakal Diluncurkan di Kota Bandung, Pakai Bus Sekolah yang Tak Terpakai

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung berencana menyulap bus sekolah yang sudah tidak terpakai menjadi bus angkutan ASN (aparatur sipil negara).

TRIBUN JABAR/TIAH SM
Bus sekolah yang tak terpakai bakal jadi bus angkutan ASN di Kota Bandung. 

TRIBUNJABAR.ID - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung berencana menyulap bus sekolah yang sudah tidak terpakai menjadi bus angkutan ASN (aparatur sipil negara).

Plt Kabid Angkutan dan Sarana Dishub Kota Bandung, Asep Kurnia, mengatakan bus angkutan ASN ini rencananya akan menggunakan bus sekolah yang sudah tidak terpakai.

"Bus sekolah yang kita alihkan menjadi bus angkutan ASN itu bakal dimodifikasi, catnya diubah enggak kuning lagi. Tulisannya juga diganti jadi bus ASN," ujarnya kepada Tribun saat dihubungi melalui telepon, Selasa (13/9).

Program itu, menurut Asep, mengacu pada hasil survei yang mereka lakukan kepada sekitar 250 ASN. Dari hasil survei diketahui, 70 persen dari 250 ASN ternyata berminat menggunakan bus jika pemkot menyediakannya.

Baca juga: Wagub Jabar Berharap Lomba Olahraga Tradisional Antar OPD Bisa Tumbuhkan Semangat Kerja ASN

Asep berharap, pengopersian bus khusus ASN ini bisa sedikit mengurangi jumlah kendaraan bermotor yang ada di jalan.

"Misalnya, kalau ada 20 orang kan ada 20 motor di jalan, tapi kalau pake angkutan ASN kan itu bisa pake bus, bisa 20-30 orang isinya," katanya.

Nantinya, kata Asep, bus angkutan ASN itu bakal memiliki tiga rute, yakni Cibiru-Jalan Cianjur-Balai Kota Bandung, Antapani-Jalan Cianjur-Balai Kota Bandung, dan Terminal Ledeng-Balai Kota Bandung-Jalan Cianjur.

"Kita juga sudah penjajakan ke lokasi keberangkatannya di dekat McDonalds Cibiru itu, orang McDonalds-nya mau (bersedia) digunakan untuk pangkalan titik jemputnya ASN di situ," ucapnya.

Baca juga: Partai Politik Mencatut Nama Puluhan Warga Karawang, dari ASN, Guru, Buruh Hingga Ibu Rumah Tangga

Bus itu, kata Asep, nantinya bakal mengangkut para ASN ke sejumlah kantor dinas dan Mal Pelayanan Publik yang ada di Jalan Cianjur dan ke Balai Kota Bandung.

"Namun, kalau ada ASN di luar itu yang mau ikut juga boleh, cuma mungkin nggak diantar ke kantornya. Misalnya kalau turunnya di Gedebage itu ke kantornya bisa naik ojek," katanya.

Rencananya, program bus angkutan ASN itu bakal dimulai pada 2023. Saat ini, pihaknya masih menunggu arahan dari Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, untuk proses penganggaran dan persiapan lainnya.

"Tiap trayek baru satu bus. Kalau misalnya animonya tinggi ya bakal dievaluasi, ditambah anggarannya ditambah busnya," ujarnya.

Disambut Gembira

Rencana Dishub Kota Bandung mengoperasikan bus khusus untuk para ASN disambut suka cita para ASN.
Irwan Hermawan, Kabid Wasdal Pemanfaatan Ruang dan Bangunan Gedung Dinas Ciptabintar Kota Bandung, misalnya. Ia mengaku sangat senang jika rencana itu benar-benar terwujud.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved