Pilwalkot Sukabumi

Kapolda Jabar Irjen Suntana Minta Anggotanya Keluar dari Polri Kalau Ingin Rebutan Kursi Wali Kota

Kapolda Jabar Irjen Suntana mengingatkan anggotanya yang akan ikut dalam kontentasi Pilkada 2024 mendatang agar segera mundur dari anggota Polri.

Penulis: Dian Herdiansyah | Editor: Kisdiantoro
Tribunjabar.id /Dian Herdiansyah
Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana meminta anggotanya untuk mundur dari dinas polisi jika ingin terjun di dunia politik. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Sukabumi, Dian Herdiansyah

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Kapolda Jabar Irjen Suntana mengingatkan anggotanya yang akan ikut dalam kontentasi Pilkada 2024 mendatang agar segera mundur dari anggota Polri.

Isunya adanya anggota Polri berpangkat perwira menengah tingkat satu (Kompol) pun ramai digadang-gadangkan akan mencalonkan diri sebagai wali kota mendatang di Pilwalkot Sukabumi.

Irjen Suntana menjelaskan, secara terbuka bahwa Polri memberikan keleluasaan bagi personelnya yang akan berkarier politik. 

"Begitu dia pensiun atau begitu dia memutuskan untuk lari ke politik itu hak setiap orang begitu juga polisi. Tapi kalau dia memang sudah pensiun sudah bukan anggota Polri," ujarnya, kepada Tribunjabar.id, Selasa (13/9/2022), seusai peresmian Polsek Cireunghas Polres Sukabumi Kota.

Baca juga: PKS Sukabumi Bantah Pecah dengan Demokrat, Akan Usung Lagi Achmad Fahmi di Pilkada 2024

Lanjut Suntana, apabila personel tersebut masih aktif menjadi anggota Polri, maka secara aturan harus mundur untuk memdapatkan hak politiknya.

"Jika kalau dia anggota Polri (aktif) mau maju, dia harus mengundurkan diri dulu untuk punya hak politik," jelasnya. 

Sebagaimana keputusan rapat dengan pendapat (RDP) di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (24/1/2022), Pemerintah, DPR, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyepakati tanggal pemungutan suara Pemilu Serentak dan Pilkada Serentak 2024.

Pelakasanaan Pemilu (pileg dan pilres) akan digelar 14 Februari 2024. Sedangkan Pilkada akan dihelat 27 November 2024 mendatang.

 

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved