Rekomendasi Makanan Bergizi dan Lezat, Plant-Based Food Siap Saji Bisa Jadi Pilihan

Plant-based food merupakan jenis makanan yang terbuat dari bahan-bahan nabati, seperti buah, sayur, kacang, biji-bijian, dan minyak nabati.

Penulis: DNA | Editor: APS
Dok. Meatless Kingdom
Gepuk plant-based ready to eat, produk baru Meatless Kingdom. 

TRIBUNJABAR.COM - Setiap orang tentu ingin hidup sehat. Dengan menerapkan pola hidup sehat, segala aktivitas bisa berjalan lancar.

Membiasakan pola hidup sehat memberikan banyak manfaat bagi tubuh, di antaranya badan menjadi lebih bugar, menambah tenaga atau stamina, mengurangi risiko terkena penyakit, membantu otak berpikir positif, hingga membuat pikiran menjadi lebih bahagia.

Cara membiasakan pola hidup sehat dapat dilakukan dengan makan makanan bergizi, seperti serat, sayuran, dan buah-buahan. Kebiasaan makan sehat akan makin paripurna jika ditambah dengan rajin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik.

Salah satu cara menerapkan pola hidup sehat yang kini mulai dilakukan masyarakat adalah mengonsumsi plant-based food.

Plant-based food merupakan jenis makanan yang terbuat dari bahan-bahan nabati, seperti buah, sayur, kacang, biji-bijian, dan minyak nabati.

Mengonsumsi plant-based food tentu membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya.

1. Membantu menurunkan berat badan

Orang yang mengonsumsi plant-based food cenderung memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang lebih rendah. Mereka juga memiliki risiko obesitas yang lebih kecil dari orang-orang yang makan daging.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Plant-based food mengandung zat-zat yang baik bagi jantung, terutama antioksidan dan fitonutrien. Inilah mengapa plant-based food berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 16 persen.

3. Meningkatkan energi

Kebanyakan orang merasa mengantuk dan terkadang memiliki energi yang rendah bahkan setelah makan. Namun tenang saja, karena plant-based food dapat memperbaiki hal ini.

Sebab, orang yang mengonsumsi plant-based food memiliki lebih banyak energi, jauh lebih produktif, perasaan menjadi jauh lebih baik, pikiran pun jernih, dan tubuh terasa lebih segar.

4. Mengurangi risiko kanker

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved