Jabar Sediakan Lahan Delapan Hektare untuk Padepokan Pencak Silat, Didesain Ridwan Kamil

Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkomitmen mengembangkan olahraga dan seni pencak silat agar terus berprestasi di tingkat nasional.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam | Editor: Giri
Tribun Jabar/Muhamad Syarif Abdussalam
Ketua Umum IPSI, Prabowo Subianto, melantik pengurus IPSI Jawa Barat di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (12/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkomitmen mengembangkan olahraga dan seni pencak silat agar terus berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Satu di antara bentuk dukungan adalah dengan menyediakan lahan delapan hektare untuk padepokan pencak silat di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, yang akan mendesain padepokan tersebut secara arsitektur.

Demikian terungkap dalam pelantikan pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Barat masa bakti 2022-2026 di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (12/9/2022).

"Pencak silat di Jawa Barat adalah budaya nomor satu. Kami lestarikan dalam bentuk kurikulum, dalam rencana membuat padepokan di Jatinangor. Kita lestarikan dengan mengumandangkan hari Pencak Silat Jabar 12 Desember," ujar Ridwan Kamil.

Menurut Gubernur, Jabar berupaya menjadi yang terdepan dalam memfasilitasi berbagai macam olahraga, termasuk pencak silat yang kerap berprestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Kontingen Jabar berhasil menjadi juara umum baik di PON maupun di perhelatan internasional," sebutnya.

Termasuk sebagai seni budaya, upaya menjaga pencak silat telah dilakukan dengan ikut melobi UNESCO supaya menjadikan pencak silat sebagai warisan budaya dunia tak benda.

"Termasuk kami yang mencintai silat ini melobi UNESCO beberapa tahun (waktu masih Wali Kota Bandung), sampai akhirnya UNESCO menganugerahi warisan budaya dunia," tutur Kang Emil -- panggilan akrab Ridwan Kamil

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved