Surat Nikah Masih Jadi Kendala Besar Administrasi, Polsek Cibinong Nikahkan Resmi Puluhan Pasangan

Banyak warga tak mampu yang tak kebagian bantuan sosial karena permasalahan administrasi kependudukan yang diakibatkan dari tak punya surat nikah.

istimewa/ Polsek Cibinong
Puluhan suami istri yang tak punya surat nikah mengikuti sidang isbat di Mapolsek Cibinong untuk mendapat surat nikah 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Kepemilikan surat nikah masih menjadi kendala besar bagi warga untuk mengurus administrasi kependudukan. Di Cianjur khususnya di wilayah selatan masih banyak pasangan yang nikah di bawah tangan dan tak memiliki surat nikah resmi.

Alhasil hal tersebut berakibat pada pengurusan administrasi akte kelahiran anak hingga pembuatan kartu keluarga dan kartu tanda penduduk.

Hal ini juga akan berakibat pada pemberian bantuan sosial yang memerlukan data kartu keluarga dan kartu tanda penduduk.

Baca juga: Datangi Nikah Massal, Istri Sedang Hamil Syok, Lihat Suami Jadi Peserta, Reaksi Si Pria Tak Terduga

Banyak warga tak mampu yang tak kebagian bantuan sosial karena permasalahan administrasi kependudukan yang diakibatkan dari tak punya surat nikah.

Menyikapi hal tersebut, Polsek Cibinong bersama kantor urusan agama Kecamatan Cibinong menggelar sidang isbat pernikahan bagi 50 pasangan suami istri yang belum memiliki surat nikah.

Kapolsek Cibinong, Iptu H Dedy Suryaman SH, mengatakan setelah ia mengamati banyak warga Kecamatan Cibinong yang tak mempunyai buku nikah, oleh sebab itu ia bekerjasama dengan kantor urusan agama Kecamatan Cibinong untuk menggelar sidang isbat.

Seorang peserta isbat nikah, Gunawan, mengaku sangat terbantu sekali dengan adanya sidang isbat nikah yang digelar Polsek Cibinong di kantor Mapolsek Cibinong.

"Tentu kami sangat terbantu sekali dengan adanya sidang isbat nikah ini, kami yang tadinya tidak bisa mengurus kartu keluarga, KTP, dan akte kelahiran anak sekarang sudah bisa mengurusnya," ujar Gunawan.

Seorang tokoh masyarakat Kecamatan Cibinong, Woddy Efyana SE, mengaku surat nikah itu merupakan bagian penting yang harus dimiliki pasangan suami istri.

Baca juga: 100 Warga Nikah Massal, Dandim Prihatin Warga Prasejahtera Tak Bisa Urus Administrasi Kependudukan

"Jadi kami memfasilitasi bersama Polsek Cibinong agar warga yang belum memiliki surat nikah untuk mengikuti sidang isbat ini," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved