Di Daerah Lain Tarif Angkutan Umum Sudah Naik, di Kota Cirebon Masih Tunggu Perwal

Di lapangan, kenaikan tarif angkot sebenarnya sudah terjadi. Namun secara resminya akan menunggu Perwal.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: taufik ismail
Tribun Cirebon/ Ahmad Imam Baehaqi
Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Pemkot Cirebon masih menggodok Peraturan Wali Kota (Perwali) tentang kenaikan tarif angkutan kota (angkot) di Kota Cirebon.

Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi, mengatakan, perwali tersebut bakal disusun sesegera mungkin sebagai payung hukum dalam penetapan tarif angkot usai harga BBM naik.

Pihaknya menargetkan, perwali itu bakal selesai pada awal pekan depan, tepatnya Senin (12/9/2022), karena harus mengkaji dahulu besaran kenaikan tarif angkot yang diusulkan Forum Lalu Lintas.

"Hari ini, Kadishub menyampaikan surat hasil pembicaraan dengan Forlalin, Organda, dan lainnya, untuk bahan pertimbangan penyusunan perwali," ujar Agus Mulyadi saat ditemui di Balai Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Jumat (9/9/2022).

Ia mengatakan, besaran kenaikan tarif angkot yang diusulkan Forlalin Kota Cirebon ialah 32 persen, sehingga tarif umum yang sebelumnya Rp 4 ribu menjadi Rp 6 ribu.

Sementara bagi pelajar atau mahasiswa tarifnya menjadi Rp 4000 dari sebelumnya Rp 3 ribu.

Menurut dia, usulan itu telah disepakati Organda dan pengurus jalur angkot di Kota Udang.

"Kami berharap, Senin nanti sudah ada perwalinya, karena besaran tarif baru ini sudah disepakati dengan berbagai pihak," kata Agus Mulyadi.

Agus mengakui, saat ini rata-rata sopir angkot di Kota Cirebon telah menerapkan tarif baru meski hingga kini perwalinya belum dibuatkan.

Namun, ia menilai hal itu wajar karena mempertimbangkan kebijakan kenaikan harga BBM yang ditetapkan pemerintah sejak beberapa waktu lalu.

Selain itu, ia meminta masyarakat memaklumi penyesuaian tarif angkot di Kota Cirebon yang merupakan dampak dari kenaikan harga BBM.

"Pertimbangan utamanya adalah harga BBM naik, sehingga besaran tarif angkot di Kota Cirebon pun mengalami penyesuaian," ujar Agus Mulyadi.

Baca juga: Tarif Ojol Naik Mulai Hari Ini, Ini Tarif Baru Ojek Online, Setiap Daerah Beda Kenaikan

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved