Jateng Raih Nominasi Layanan Investasi Terbaik, Ganjar: Terapkan Prinsip Cepat, Mudah, Bebas Korupsi

Provinsi Jawa Tengah masuk nominasi lima besar daerah dengan layanan investasi terbaik 2022. Komitmen dan kekompakan duet Ganjar-Yasin dinilai sebagai

Istimewa
Provinsi Jawa Tengah masuk nominasi lima besar daerah dengan layanan investasi terbaik 2022 

TRIBUNJABAR.ID, SEMARANG - Provinsi Jawa Tengah masuk nominasi lima besar daerah dengan layanan investasi terbaik 2022. Komitmen dan kekompakan duet Ganjar-Yasin dinilai sebagai upaya konkret dalam mengawal investasi di Jateng.

Hal itu dikatakan Staf Khusus Menteri Investasi/Kepala BKPM Bidang peningkatan pengusaha nasional M. Pradana Indraputra, sewaktu melakukan uji petik kinerja PTSP dan percepatan pelaksanaan berusaha. Ia menyebut, uji ini dilakukan untuk membuktikan kebenaran data yang telah dipaparkan oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

2 Provinsi Jawa Tengah masuk nominasi lima besar
Provinsi Jawa Tengah masuk nominasi lima besar daerah dengan layanan investasi terbaik 2022.

"Kita melakukan uji kebenaran terkait presentasi yang telah dilakukan. Kami sudah dialog dengan gubernur dan wakil gubernur, pelaku usaha, melihat sarana prasarana dan berdiskusi dengan pelaku usaha di lobby depan kantor PTSP semuanya baik. Ini luar biasa bagus karena Jawa Tengah adalah juara bertahan (2021)," ujarnya, di Kantor DPMPTSP Jateng, Rabu (8/9/2022).

Pradana mengatakan, ada hal mendasar dan spesial yang membikin Jateng juara dalam layanan investasi 2021. Pertama komitmen pemimpin, yang mampu menyelaraskan seluruh OPD untuk menyukseskan sektor investasi. Selanjutnya adalah, sarana prasarana yang nyaman serta respon pemangku kebijakan yang cepat.

Jawa Tengah menurut Pradana, memiliki figur Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen yang bisa memimpin dan memadukan gerak investasi di Jateng. Hal itu menurutnya tidak banyak ditemui pada daerah atau lembaga lain di Indonesia.

"(Secara nominasi) Oh ini paling tidak Jawa Tengah masuk lima besar. Nah ini yang sedang kami nilai utamanya untuk memeringkat nomor satu sampai nomor tiga," paparnya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, titel juara pada layanan investasi adalah bonus. Ia menyebut, investasi bermuara pada terlayaninya investor dengan prinsip cepat, mudah dan bebas dari korupsi.

Selain itu, Ganjar juga mewajibkan dinas di lingkup Pemprov Jateng menciptakan inovasi layanan bagi masyarakat.

"Hari ini kita belajar, juara bukan tujuan tapi investasi itu ada kemudahan. Ada insentif yang diberikan, apalagi dalam situasi sulit seperti ini. Pemda harus mengubah mindset menjadi layanan yang baik, cepat mudah dan tak ada korupsi tak ada pungli. Ini yang penting," urai Ganjar seusai menyambut tim penilai Kinerja PTSP dan percepatan pelaksanaan berusaha di ruang rapat Kantor Gubernur bersama wakilnya Taj Yasin Maimoen.

Ganjar mengatakan, investasi bukan saja urusan DPMPTSP. Oleh karena itu, ia meminta seluruh sektor di Pemprov Jateng mendukung. Selain itu, ia berharap mendapatkan saran dari Kementrian Investasi guna meningkatkan investasi di Jawa Tengah.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved