Bawaslu Kabupaten Bandung Temukan Keanggotaan Ganda di Parpol Calon Peserta Pemilu 2024

Banyak anggota parpol yang terindikasi belum masuk daftar pemilih, dan masih ada anggota parpol yang status jabatannya dilarang

Tribunnews
Ilustrasi pemilu - Bawaslu temukan keanggotaan partai calon peserta Pemilu 2024 yang ganda, baik nama tersebut tercatat ganda di satu partai, atau berbeda partai, di sistem informasi politik (Sipol). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Bawaslu temukan keanggotaan partai calon peserta Pemilu 2024 yang ganda, baik nama tersebut tercatat ganda di satu partai, atau berbeda partai, di sistem informasi politik (Sipol).

Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Bandung Januar Solehuddin mengatakan, keanggotaan parpol yang kini perlu diklarifikasi, seperti ditemukannya keanggotaan ganda internal dan eksternal dalam Sipol.

“Dari hasil pengawasan, ditemukan keanggotaan ganda internal (di satu partai) dalam Sipol sebanyak 6.435 orang dan 3.202 orang untuk keanggotaan ganda eksternal (tercatat di dua partai atau lebih),” kata Januar, melalui pesan singkatnya, Rabu (7/9/2022).

Baca juga: Satu Warga Sumedang Jadi Rebutan Dua Parpol di Sipol, KPU Lakukan Interviu, Tahap Verifikasi Selesai

Menurut Januar, kegandaan itu ditemukan Bawaslu berdasarkan pencermatan data, keanggotaan parpol.

Hasilnya, kata, Januar, banyak anggota parpol yang terindikasi belum masuk daftar pemilih, dan masih adanya anggota parpol yang memiliki status jabatan yang dilarang sebagai anggota parpol.

"Selain itu, ditemukan juga sebanyak 5.591 orang anggota parpol yang terindikasi belum masuk Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB), dan 53 orang anggota parpol yang memiliki status jabatan, yang dilarang sebagai anggota parpol," kata Januar.

Januar mengatakan, dengan adanya temuan tersebut, pihaknya telah menyampaikan rekomendasi kepada KPU Kabupaten Bandung, untuk selanjutnya ditindaklanjuti sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

“Pemberian rekomendasi ini dilakukan untuk memastikan proses verifikasi administrasi berjalan, sesuai peraturan perundang-undangan, dan mencegah terjadinya sengketa proses pemilu,” ucapnya.

Baca juga: Dua Orang di Sumedang Namanya Dicatut Daftar Anggota Parpol, Bawaslu Ambil Langkah Ini

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved