Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Sebut Ada Kesenjangan antara Pendidikan Tinggi dengan Kebutuhan Pasar

soft skill menyumbang 80

Dokumen Pribadi
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Tubagus Ace Hasan Syadzily, saat memberikan Orasi Ilmiah di acara Tasyakur Milad ke-36 Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM) Suryalaya Tasikmalaya, Selasa (6/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Tubagus Ace Hasan Syadzily, menilai masih ada kesenjangan relevansi antara pendidikan tinggi (PT) dengan kebutuhan pasar sehingga daya saing yang belum optimal.

Hal itu diungkapkan Ace Hasan Syadzily saat memberikan Orasi Ilmiah diacara Tasyakur Milad ke-36 Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM) Suryalaya Tasikmalaya, Selasa (6/9/2022).

Menurutnya, kampus atau PT di daerah seperti IAILM Suryalaya, sudah memberikan kontribusi besar bagi kemajuan pendidikan masyarakat. 

Ke depan, ucapnya, PT di daerah harus menjadi perhatian agar bisa beradaptasi dengan kemajuan dunia pendidikan saat ini yang sudah masuk era 5.0. 

"Kehadiran kampus-kampus di daerah dengan penguasaan kemampuan yang baik merupakan bagian dari strategi kita untuk bisa berkontribusi bagi kemajuan pendidikan di tanah air," ujar Ace Hasan Syadzily

Orasi ilmiah Ace Hasan Syadzily fokus pada Strategi Pengembangan Soft Skill dan Literasi Digital Mahasiswa di era 5.0. 

Baca juga: Buka Kelas Kerjasama Perusahaan, Prodi SI UNJANI Siap Upgrade Skill Karyawan Tanpa Harus Ke Kampus

"Tantangan kita ke depan pada era digital membutuhkan penyesuaian dari dosen dan mahasiswa. Masih terdapat paham-paham radikal yang menyusup ke Perguruan Tinggi dan kehadiran kampus seperti IAILM menjadi sangat penting," katanya.

Untuk menghadapi persoalan itu, kata Ace, dibutuhkan peningkatan soft skill guna menghadapi dalam dunia kerja nanti. 

"Berdasarkan penelitian yang dilakukan Harvard University, Carnegie Foundation, Standford Research Center Amerika Serikat, bahwa soft skill menyumbang 80 persen bagi kesuksesan karier seseorang, sementara 15

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved