Adikarya Parlemen

Mendongkrak Perekonomian Desa Lewat Desa Wisata

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Hj. Tina Wiryawati, S.H. mengatakan desa wisata dapat mendongkrak perekonomian desa

istimewa
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Hj. Tina Wiryawati, S.H. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Hj. Tina Wiryawati, S.H., mengatakan sejumlah desa di Jawa Barat sudah sukses mengolah potensi pariwisata di kawasannya masing-masing sehingga menjadi desa wisata.

Ia berharap akan semakin banyak desa wisata di Jawa Barat, apalagi kini Provinsi Jawa Barat sudah memiliki Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 2 Tahun 2022 tentang Desa Wisata dan segera ditindaklanjuti dengan peraturan gubernurnya.

"Ada beberapa desa wisata di Jawa Barat yang telah sukses, contoh Desa Alam Endah di Rancabali, Kabupaten Bandung. Juga ada Kampung Naga di Tasikmalaya, Desa Cibuntu di Kabupaten Kuningan," kata anggota dewan dari Fraksi Gerindra ini di Bandung, Selasa (6/9).

Ia mengatakan setiap desa memiliki potensi pariwisata masing-masing.

Dari mulai potensi keindahan alam, keunikan budaya masyarakat, sampai poin menarik mengenai kuliner dan event.

Hal inilah yang menjadi potensi peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

Di sisi lain, di Jawa Barat ada beberapa desa wisata yang menjadi bagian dari rencana pembangunan kepariwisataan.

Di antaranya Desa Wisata Jelekong dan Desa Wisata Laksana di Kabupaten Bandung, Desa Wisata Cibeusi di Kabupaten Subang, serta Desa Wisata di sekitar Taman Nasional Bogor-Cianjur-Sukabumi.

Meski demikian, selama ini eksistensi beberapa desa wisata tersebut baru sebatas pada rencana pembangunan kepariwisataan lantaran daerah belum memiliki aturan untuk pengembangan desa wisata.

"Di sinilah pentingnya Perda Desa Wisata. Banyak hal rinci yang dibahas di dalamnya untuk kemajuan desa wisata di Jabar," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved