Adikarya Parlemen

Kereta Wisata Desa, Penopang Aksesibilitas dan Marketing Desa Wisata

Anggota DPRD Jabar, Hj. Tina Wiryawati, S.H menyebutkan kereta wisata desa bisa jadi penopang marketing wisata desa

istimewa
Anggota DPRD Jabar, Hj. Tina Wiryawati, S.H. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sektor pariwisata telah dicanangkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai salah satu roda utama pengungkit ekonomi provinsi sampai tingkat desa. Selama masa pandemi pun, sektor pariwisata terbukti tetap menjadi primadona, utamanya bagi wisatawan lokal.

Pada prakteknya di lapangan, sektor pariwisata di alam terbuka, pelosok desa atau yang dikenal dengan sebutan hidden gems, tidak dapat luput transportasi umum pendukungnya.

Sebut saja ontang-anting, shuttle, ojek wisata, sampai kereta wisata, sudah lazim ditemui di sejumlah kawasan wisata.

Hal serupa tengah tumbuh di kawasan wisata desa yang mulai banyak bermunculan di Jabar, di antaranya melalui kereta wisata desa atau yang akrab disebut odong-odong.

Kendaraan modifikasi ini telah muncul di kawasan wisata Kabupaten Kuningan sampai Pangandaran.

Anggota DPRD Jabar, Hj. Tina Wiryawati, S.H., mengatakan sejak beberapa tahun terakhir, jumlah kereta wisata desa ini semakin banyak. Mereka beroperasi menjadi angkutan wisata di berbagai objek wisata di Jabar.

Anggota dewan dari Fraksi Gerindra ini mengatakan pihaknya pun sudah mengajukan agar kereta wisata desa dimasukkan dalam komponen penting keberadaan Desa Wisata yang tengah dibuatkan peraturan gubernurnya.

"Beberapa waktu lalu saya sudah mengajukan kepada Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Barat untuk memasukkan kereta wisata desa ke dalam komponen penting dalam aksesibilitas untuk keberadaan desa wisata," kata Tina di Bandung, Selasa (6/9).

Ia mengatakan tanpa ditopang dengan kereta wisata desa, ia melihat adanya ketimpangan dalam aksesibilitas dari desa-desa wisata tersebut.

Selama ini, katanya, kereta wisata desa sudah menjadi bagian yang menyatu dengan desa wisata.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved