Jabar Gelar Festival di Makassar, Pameran Lukisan Ridwan Kamil Sampai Penawaran Wisata Jawa Barat

Jabar gelar festival di Makassar dari gelaran pameran lukisan Ridwan Kamil sampai penawaran wisata Jawa Barat

Istimewa
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah mendorong peningkatan kunjungan wisatawan lokal. Salah satu caranya dengan mengikuti Makassar International Eight & Forum Festival (MIEFF).

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar mengatakan keikutsertaan Jabar dalam ajang itu untuk menggaet wisatawan dari wilayah Indonesia Timur. Acara tersebut, kata Benny, akan digelar pada 7-11 September 2022.

Benny menjelaskan, potensi kunjungan wisatawan harus perlu digenjot untuk merealisasikan target 40 juta kunjungan wisatawan lokal ke Jabar.

"Makassar merupakan kota dengan infrastruktur pendukung yang strategis kawasan Indonesia bagian timur, dapat dikatakan menjadi hub pasar pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia bagian timur," kata Benny, Selasa (6/9/2022).

Aneka promosi dari Jabar akan berlokasi di paviliun F8. Pengunjung F8 akan disuguhi pameran dan selling produk ekraf unggulan Jawa Barat baik itu fashion, craft, art, culture dan lainnya.

Selain itu, akan ada juga hotdeals paket wisata yang dijual dari Makassar ke kota-kota di Jawa Barat. Kegiatan ini dibungkus kedalam satu suguhan menarik dengan membawa seniman-seniman interaktif yang akan berpentas di sana.

"Di sana kita akan promosi Smiling West Java melalui kegiatan direct promotion pariwisata, budaya dan ekonomi Kreatif Jawa Barat. Paviliun Jawa Barat di kegiatan F8 ini akan menjadi wadah direct promotion Jawa Barat yang langsung berinteraksi dengan calon pelanggan/wisatawan," katanya.

Selain promosi wisata, Benny menuturkan, misi Jabar dalam ajang tersebut yakni mengajak pemerintah setempat untuk berkolaborasi, kerja sama bidang pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif.

"Pemerintah Provinsi Jawa Barat selalu berusaha menginisiatif untuk menyuarakan pembangunan berkelanjutan di tingkat regional, nasional dan global. Salah satunya dengan menyajikan ruang publik untuk berekspresi, dan berkarya menjadi nilai ekonomi kreatif," ungkapnya.

Tak hanya itu, paviliun Jabar akan diwarnai dengan karya lukis dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu dijadwalkan akan hadir di paviliun Jabar untuk membuka acara dan berinteraksi dengan calon wisatawan.

"Bapak Gubenur Jawa Barat rencananya selain menghadiri secara langsung pembukaan acara F8, beliau akan berinteraksi langsung dengan pengunjung Paviliun Jawa Barat. Podcast dan workshop ekonomi kreatif akan dilakukan dengan berkolaborasi dengan narasumber Jawa Barat dan Makassar," tutur Benny.

Rencananya ada sebelas lukisan karya Ridwan Kamil yang akan dipajang di paviliun Jabar.

"Lukisan yang akan dibawa yakni seni lukis modern, benda, bentang alam dan figur-figur manusia. Beberapa lukisan juga menampilkan abstraksi dan pengolahan idiom kaligrafi Islam. Secara umum, Kang Emil menyukai warna-warna cerah dengan saturasi yang tinggi untuk lukisan," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved