Unisba Lantik 2.378 Mahasiswa baru, Rektor: Persiapkanlah Diri Jadi Pembelajar yang Cepat

Menurut Prof Edi Setiadi, para mahasiswa baru Unisba harus mulai berimajinasi mendesain cita-cita agar bisa diperjuangan secara sungguh-sungguh

Penulis: Cipta Permana | Editor: Tarsisius Sutomonaio
Komhumas Unisba
Suasana kegiatan Ta'aruf Unisba 2022 yang diikuti 2.378 mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 di Aula Unisba, Kota Bandung, Senin (4/9/2022). 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Rektor Universitas Islam Bandung (Unisba), Prof Edi Setiadi, mengukuhkan 2.378 mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023, dalam kegiatan Ta'aruf Unisba 2022 yang digelar secara hybrid. 

Di hadapan senat serta jajaran pimpinan, baik di tingkat universitas dan fakultas, Prof Edi Setiadi menyambut bahagia para mahasiswa baru tersebut sebagai keluarga Unisba.

"Saya dan seluruh civitas akademika Unisba mengucapkan 'ahlan wa sahlan', selamat bergabung menjadi anggota keluarga besar Universitas Islam Bandung, kampus perjuangan dan dakwah. Kampus biru kebanggaan umat,” ujarnya di Aula Unisba, Senin (4/9/2022).

Menurutnya, para mahasiswa baru harus mulai berimajinasi mendesain cita-cita sejak sekarang hingga dua puluh tahun ke depan agar menjadi motivasi untuk diperjuangkan secara sungguh-sungguh.

Ia mengatakan para mahasiswa baru harus mulai memperkaya referensi desain, memperbanyak kegiatan akademik, berdiskusi, berkolokium, serta memperbanyak membaca buku dan pengalaman baru.

“Saudara harus yakin bahwa masa depan membutuhkan manusia dengan karakteristik yang berbeda dengan masa kini, persiapkanlah diri menjadi pembelajar yang cepat. Saudara dituntut menjadi pengambilan keputusan yang cepat,” ucap Prof Edi Setiadi.

Baca juga: Capai Visi Terkemuka di Asia 2033, Unisba Gelar Global Engagement Colloquium 2022

Rektor pun meminta agar para mahasiswa melek teknologi dengan mengasah dan meningkatkan literasi dan ketrampilan teknologi, serta kemahiran keterampilan untuk berinovasi agar mampu menjawab tantangan zaman yang cepat berubah.

Ia juga mengingatkan para mahasiswa baru untuk senantiasa memuliakan akhlak, keluhuran budi, dan ketinggian watak, dan mampu menjaga kehormatan diri.

"Sepintar apapun saudara, tanpa bingkai watak yang tinggi dan keluhuran budi, hidup saudara tidak akan menjadi bagian dari solusi, justru sebaliknya hanya akan menjadi masalah. Hanya dengan kehormatan diri lah, saudara bisa menjadi insan yang  berharga,” katanya.

Proses Ta'aruf Unisba 2022 selama empat hari kedepan akan diisi berbagai kegiatan seperti pemaparan materi dari rektor dan para wakil rektor, Bagian Pengembangan Sistem Informasi & Teknologi, UPT Perpustakaan, UPT e-learing, Ketua Badan Pengurus Unisba, dan Pengenalan Lembaga Kemahasiswaan.

Baca juga: Cara Kembangkan Kreativitas Calon Pendidik, Prodi PG-PAUD FTK Unisba Gelar Olimpiade Nasional

Kegiatan itu dijadwalkan dihadiri Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, dan Direktur Beasiswa LPDP, Ir. Dwi Larso.

Pada hari ketiga dan terakhir, para mahasiswa baru akan mengikuti Pelatihan Pengenalan Pribadi Mu’min, Muslim dan Mukhsin (P3M).

Kegiatan yang merupakan rangkaian kegiatan ta'aruf mahasiswa baru Unisba itu bertujuan untuk membentuk softskill .

Ada juga pengenalan pribadi dengan fasilitator mahasiswa Unisba yang mendapat pelatihan dari Bagian Kemahasiswaan Unisba yang dilaksanakan secara daring.

Perincian mahasiswa baru yang dilantik terdiri dari Fakultas Syariah (170 mahasiswa), Fakultas Dakwah (102 mahasiswa), Fakultas Tarbiyah & Keguruan (195 mahasiswa), Fakultas Hukum (264 mahasiswa), Fakultas Psikologi (242 mahasiswa), Fakultas MIPA (239 mahasiswa), 

Kemudian Fakultas Teknik (257 mahasiswa), Fakultas Ilmu Komunikasi (327 mahasiswa), Fakultas Ekonomi & Bisnis (359 mahasiswa) dan Fakultas Kedokteran (223 mahasiswa). 

 

 

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved