Pandemi Covid-19 Melandai, Antusias Masyarakat Ibadah Umrah Kembali Meningkat Tapi Prokes Ketat

Ustaz Evie Effendi mengatakan, ibadah umroh setelah pandemi melandai mulai mendekati normal. Berbeda saat penyebaran Covid-19 masih tinggi

Editor: Mega Nugraha
Tribun Jabar / Nazmi Abdulrahman
Ustaz Evie Effendi 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Setelah pandemi Covid-19 melandai, antusias masyarakat untuk berangkat ibadah Umrah kembali membludak.

Salah satu pebimbing Umrah, Ustaz Evie Effendi mengatakan, ibadah umrah setelah pandemi melandai mulai mendekati normal. Berbeda saat penyebaran Covid-19 masih tinggi, prokesnya sangat ketat.

"Kalau pandemi lebih nyaman, walaupun kebijakannya sering berganti, karena volume jemaahnya juga fluktuatif. Sekarang, pascapandemi lebih repot, tawaf sunnahnya ada larangan tidak boleh dekat Ka'bah, kalau mau di lantai dua dan lantai berikutnya," ujar Ustaz Evie Effendi usai memberikan kajian dan manasik Mabruk Tour di Masjid Trans Studio Bandung, Sabtu (3/9/2022).

Meski demikian, prokes yang dijalankan selama pandemi, menjadi kebiasaan baru bagi para jemaah untuk beribadah pasca pandemi.

"Saya pikir itu lebih tertib, karena aturan pandeminya masih membekas, apakah itu jaga jarak atau lainnya, tapi kembali normal, juga ketertiban birokrasi dan prokes ditinggatkan," katanya.

Baca juga: Jaswita Jabar Buka Program Pembiayaan Umrah, Berangkat Dulu Bayar Nanti

Saat ini, kata dia, antusiasme warga kembali meningkat, Ustaz Evie Effendi menyebut umat muslim di seluruh dunia rindu dengan tanah suci Makkah.

"Motivasinya kerinduan, yang harus dijawab dengan pertemuan, akhirnya mereka memaksakan pergi, apalagi yang terpending maslah furoda, antusiasnya tinggi," ucapnya.

Tatan Herdiansyah, marketing Mabruk Tour menambahkan, pada akhir September nanti, ustaz Evie bakal kembali ke Tanah Suci untuk membimbing puluhan jemaah beribadah Umrah bersama Mabruk tour.

"Total ada 51 orang yang akan berangkat pada 27 September. Alhamdulillah sejalan dengan dibukanya umrah, antusias masyarakat sangat besar, kita bantu fasilitasi dengan optimal," ujar Tatan.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved