Ratusan Masyarakat Tanjungsari Tasikmalaya Antusias Ikuti Kegiatan Olahraga yang Digelar SF ITB

Ratusan masyarakat Desa Tanjungsari, Kecamatan Gunungtanjung, Kabupaten Tasikmalaya, antusias mengikuti kegiatan meningkatkan minat berolahraga.

Editor: Giri
Istimewa
Kegiatan senam aerobik di Desa Tanjungsari, Kecamatan Gunungtanjung, Kabupaten Tasikmalaya. KK Ilmu Keolahragaan Sekolah Farmasi ITB menggelar kegiatan meningkatkan minat masyarakat berolahraga di Desan Tanjungsari dengan berbagai olahraga tradisional. 

TRIBUNJABAR.ID - Ratusan masyarakat Desa Tanjungsari, Kecamatan Gunungtanjung, Kabupaten Tasikmalaya, antusias mengikuti kegiatan meningkatkan minat masyarakat berolahraga.

Bukan cuma anak-anak, orang dewasa pun turut meramaikan kegiatan yang diadakan KK Ilmu Keolahragaan Sekolah Farmasi ITB, 21–28 Agustus 2022.

Desa Tanjungsari merupakan desa binaan Sekolah Farmasi ITB.

Tahun ini merupakan tahun kedua Sekolah Farmsi ITB berkontribusi dalam bidang kesehatan di sana, di antaranya edukasi stunting, pengolahan sampah, kebun gizi, peternakan hingga penerapan gaya hidup sehat dengan cara berolahraga.

Sekolah Farmasi ITB melalui KK Ilmu Keolahragaan mengadakan beberapa kegiatan olahraga seperti jalan sehat, lomba bakiak, tarik tambang, sepak bola mini, egrang, dan senam aerobik.

Ketua Pengabdian Masyarakat (Pengmas), Samsul Bahri, berharap desa binaan ini menjadi pelopor bagi desa lain dalam hal kesehatan.

Baca juga: SCCIC ITB: Pemerintah Perlu Gandeng Swasta Kembangkan Smart City

"Caranya yaitu dengan tetap aktif berolahraga minimal tiga kali seminggu. Dengan demikian imun tubuh akan meningkat sehingga terbebas dari virus dan berbagai penyakit degeneratif," ucapnya dalam keterangan yang diterima Tribun Jabar, Sabtu (3/9/2022).

Kepala Desa Tanjungsari, Miftah Farid Dahlan, juga sangat mendukung kegiatan olahraga bersama ini.

Menurutnya, kegiatan ini bukan hanya dapat meningkatkan kebugaran, tetapi juga berdampak positif bagi warga untuk menjalin silaturahmi, kekompokan antardusun, sehingga dapat menciptakan desa yang harmonis, sehat, dan solid.

Bukan cuma menggelar permainan tradisional di desa binaan, KK Ilmu Keolahragaan Sekolah Farmasi ITB juga mengadakan pelatihan penanganan cedera olahraga bagi guru-guru olahraga.

Kegiatan penanganan cedera dilaksanakan di SMP N 5 Tasikmalaya, yang melibatkan perwakilan guru olahraga sebanyak 30, mulai dari tingkat SD hingga SMA se-Kabupaten dan Kota Tasikmalaya.

Ketua pelaksana kegiatan, Agung Dwi Juniarsyah (kiri), memberikan cenderamata kepada perwakilan SMP N 5 Tasikmalaya tempat diadakannya acara penanganan cedera untuk guru olahraga.
Ketua pelaksana kegiatan, Agung Dwi Juniarsyah (kiri), memberikan cendera mata kepada perwakilan SMP N 5 Tasikmalaya tempat diadakannya acara penanganan cedera untuk guru olahraga. (Istimewa)

Ketua pelaksana kegiatan, Agung Dwi Juniarsyah, mengatakan, pelatihan ini merupakan refreshment bagi para guru olahraga dalam keterampilan massage yang mungkin telah dimiliki.

"Mengingatkan kembali agar tidak hilang sentuhan, juga update pengetahuan baru sesuai perkembangan zaman," kata Agung.

Ketua KK Ilmu Keolahragaan Sekolah Farmasi ITB, Samsul Bahri, yang hadir via Zoom mengapresiasi para guru yang masih terus semangat untuk belajar dan meng-upgrade kompetensi yang dimiliki.

Baca juga: Sambangi Bupati Garut, IA ITB Jabar dan Rumah Amal Bahas Penanganan Stunting Hingga Pendidikan

"Semoga dari pelatihan ini, Ibu Bapak guru dapat menyebarluaskannya lagi kepada yang lainnya, katanya.

Dekan Sekolah Farmasi ITB, I Ketut Adnyana, yang juga hadir melalui Zoom mengatakan, kegiatan pelatihan ini akan terus didukung, apalagi yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi guru dalam hal ini guru olahraga.

"Karena guru olahraga berhadapan langsung dengan siswa dalam kegiatan praktik di lapangan, yang berpotensi menimbulkan cedera dari aktivitas yang dilakukan. Guru olahraga merupakan garda terdepan dalam menjaga keselamatan siswa, tentunya menjadi orang pertama yang akan menangani cedera tersebut. Maka dari itu keterampilan ini sangat diperlukan," katanya. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved