PLN Beri Bantuan Pengembangan Desa Wisata di Gunung Guntur, Garut

Bupati Garut apresiasi PLN yang memberikan bantuan pengembangan Edu Wisata Lebah Madu Gunung Guntur, Desa Wisata Pasawahan, Kabupaten Garut sehingga K

PLN
Bupati Garut apresiasi PLN yang memberikan bantuan pengembangan Edu Wisata Lebah Madu Gunung Guntur, Desa Wisata Pasawahan, Kabupaten Garut 

TRIBUNJABAR.ID, Bupati Garut apresiasi PLN yang memberikan bantuan pengembangan Edu Wisata Lebah Madu Gunung Guntur, Desa Wisata Pasawahan, Kabupaten Garut sehingga Kawasan Gunung Guntur lebih terpelihara dan masyarakat desa memiliki alternatif mata pencaharian.

Garut – PLN berkomitmen untuk mengembangkan program desa wisata sesuai dengan Sustainable development goals (SDGs) atau tujuan pembangunan berkelanjutan.

PLN memberikan bantuan Pengembangan Edu Wisata Lebah Madu
PLN memberikan bantuan Pengembangan Edu Wisata Lebah Madu Gunung Guntur, Desa Wisata Pasawahan, Kabupaten Garut

SDGs merupakan upaya yang dilakukan untuk menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat dunia, serta upaya dalam melindungi lingkungan dengan tujuan dapat tercipta pembangunan yang berkelanjutan bagi generasi yang akan datang.

PLN memberikan bantuan Pengembangan Edu Wisata Lebah Madu Gunung Guntur, Desa Wisata Pasawahan, Kabupaten Garut senilai Rp. 350 juta kepada Desa Pasawahan melalui Yayasan Pengembangan Petani Muda Perlebahan.

Bantuan tersebut akan digunakan untuk pembangunan sarana serta prasarana bagi pengunjung, penerangan lampu di lokasi, branding tempat wisata yang Instagramable dan pelatihan UMKM untuk para petani lebah madu.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Agung Nugraha menjelaskan bahwa program TJSL Desa Wisata ini bertujuan untuk mendukung Pemerintah dalam percepatan pembangunan dengan mengembangkan pariwisata dan peningkatan ekonomi masyarakat berbasis desa serta mempertahankan kualitas lingkungan yang alami.

“Program pembangunan Desa Wisata ini diharapkan dapat menunjang kelestarian Kawasan konservasi cagar alam Gunung Guntur, memberikan dampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan, sosial dan perlindungan lingkungan hidup di sekitar.

Para petani lebah, penggiat wisata, para UMKM menjadi lebih maju, mampu bersaing dalam produksinya, dan Desa Pasawahan ini menjadi lokasi destinasi dan ikon tujuan wisata baru di wilayah Kabupaten Garut,” ujar Agung saat peresmian desa wisata di Garut (31/08).

Bupati Garut, Rudy Gunawan, saat menghadiri peresmian menyampaikan apresiasinya atas dukungan PLN dalam membangun Desa Wisata serta perekonomian masyarakat.

“Terima kasih atas bantuan dari program TJSL PLN yang membangun kawasan edukasi kebah madu. Hasil madu disini sangat berkualitas tinggi.

Dikelola dengan professional oleh tenaga ahli, pemerintah daerah, dan PLN serta tenaga ahli pemprov Jabar dari dinas kehutanan, sehingga meningkatkan kualitas madu dan dapat meningkatkan bisnis di kawasan ini dan UMKM nya,” tutur Rudy.

Senada dengan Bupati, Deden Kuswandi, Kepala Desa Pasawahan juga mengutarakan rasa syukur atas pengembangan desanya sehingga sangat bermanfaat bagi lingkungan dan warga desa.

“Atas nama desa, saya mengucapkan terima kasih pada PLN yang telah melaksanakan CSR nya disini. Tempat ini dulunya bekas galian pasir, masyarakat disini aktivitasnya cuma menggali pasir. Sekarang ada edu wisata madu yang bisa dikembangkan dan dapat menambah pendapatan masyarakat di desa pasawan,” ujar Deden.

Pengembangan Edu Wisata Lebah madu Gunung Guntur yang dikembangkan di Zona Penyangga merupakan pendekatan terpadu dalam pengelolaan zona penyangga Kawasan Konservasi Gunung Guntur karena mengkombinasikan pendekatan lingkungan, sosial dan ekonomi.

Di lokasi Edu-Wisata Lebah Madu Gunung Guntur pengunjung akan diberikan kesempatan untuk mengamati pekerjaan peternak lebah, metode pengolahan madu, sifat dan spesifikasinya (termasuk mencicipi berbagai jenis madu), untuk mengetahui produk lebah lainnya (serbuk sari, lilin lebah, royal jelly dan lain-lain), untuk melihat bagaimana koloni lebah hidup, untuk mengenali korelasi ekologis antara manusia dan lebah.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved