Petugas BTNGC Bersama Warga dan Ormas Padamkan Kebakaran Hutan di Gunung Ciremai Wilayah Kuningan

Pemadaman kebakaran di Gunung Ciremai dilakukan kalangan ormas, sekelompok warga dan petugas BTNGC yang terjadi di kawasan Pasawahan Kuningan

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Darajat Arianto
ISTIMEWA
Pemadaman kebakaran hutan di Gunung Ciremai dilakukan kalangan ormas, sekelompok warga dan petugas BTNGC yang terjadi di kawasan Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Kamis (1/9/2022). 

Laporan Kontributor Tribuncirebon.com, Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM,KUNINGAN - Sejumlah aktivis dari ormas yang tergabung dalam Siliwangi, Majakuning turut melakukan aksi pemadaman api yang berkobar di kawasan Gunung Ciremai di wilayah Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

"Setelah muncul dan menyebarnya video kebakaran di kawasan Gunung Ciremai, kami ikut melakukan pemadaman kebakaran di lahan gunung tersebut," kata Aen, Sekretaris Ormas Siliwangi, Majakuning saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon selulernya, Kamis (1/9/2022).

Keterlibatan dalam pemadaman api tersebut, kata dia, tidak hanya dari kalangan ormas, melainkan dari sekelompok warga dan petugas Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC).

"Untuk yang terlibat dalam pemadam kobaran api tadi, selain kami itu ada dari petugas BTNGC terus banyak warga lain dari desa setempat dan lainnya," katanya.

Aen menyebut kobaran itu diduga muncul menjelang malam.

Pasalnya, kobaran api itu sempat membuat heboh warga dan diketahui banyak masyarakat di bawah kaki Gunung Ciremai di sekitar Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

Baca juga: Pabrik Pengolahan Kopra Kelapa di Pangandaran Alami Kebakaran Hebat, Kerugian Mencapai Rp 120 Juta

"Melihat kobaran api tersebut, kami memperkirakan terjadi di blok Pajaten dan diketahui banyak orang. Karena kobaran api yang sempat membesar itu terlihat jelas dari bawah di lingkungan permukiman warga," katanya.

Peristiwa kebakaran terjadi di kawasan Gunung Ciremai. Hal itu menyusul banyak video yang menyebar soal kebakaran yang terjadi di kawasan Gunung Ciremai tersebut.

Pemadaman kebakaran hutan di Gunung Ciremai dilakukan kalangan ormas, sekelompok warga dan petugas BTNGC yang terjadi di kawasan Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Kamis (1/9/2022).
Pemadaman kebakaran hutan di Gunung Ciremai dilakukan kalangan ormas, sekelompok warga dan petugas BTNGC yang terjadi di kawasan Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Kamis (1/9/2022). (ISTIMEWA)

"Video kebakaran itu dari teman, videonya banyak," ucap Dede (34) kepada TribunCirebon.com, seraya menunjukkan video kebakaran tersebut, Kamis (1/9/2022).

Video kebakaran di kawasan Gunung Ciremai, kata Dede, terjadi di wilayah Kecamatan Pasawahan.

Dalam video kebakaran Gunung Ciremai, kata dia, kobaran api besar. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved