Pemilu 2024

Hasil Survei IPRC: Nama Atalia Tertinggi Disusul Yana Mulyana, Raffi Ahmad dan Budi Dalton Mencuat

Pada simulasi elektabilitas calon wali kota Bandung bila pemilu digelar hari ini, maka Atalia Praratya menempati posisi tertinggi disusul Yana Mulyana

TRIBUNJABAR.ID/MUHAMAD NANDRI PRILATAMA
Indonesian Politics Research & Consulting (IPRC), Jumat (2/9/2022) merilis hasil survei yang mereka lakukan pada 20-30 Juli 2022 terhadap 1002 responden terkait dinamika elektoral di Kota Bandung menjelang pemilu 2024. Pada simulasi elektabilitas calon wali kota Bandung bila pemilu digelar hari ini, maka Atalia Praratya menempati posisi tertinggi disusul Yana Mulyana. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Indonesian Politics Research & Consulting (IPRC) kembali merilis hasil survei yang mereka lakukan sejak 20-30 Juli 2022 terhadap 1002 responden terkait dinamika elektoral di Kota Bandung menjelang pemilu 2024.

Direktur Operasional dan Data Strategis IPRC, Idil Akbar menyampaikan bahwa dalam simulasi terbuka elektabilitas calon wali kota Bandung bila pemilu dilaksanakan hari ini, maka istri Gubernur Jabar, Atalia Praratya Kamil menempati posisi tertinggi dengan 18,8 persen, disusul Yana Mulyana, M Farhan, Budi Dalton, dan si Sultan Raffi Ahmad.

"Nama Atalia sebenarnya tak mengejutkan masuk dalam bursa kandidat wali kota Bandung, apalagi Atalia memang istri dari Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dan dia diuntungkan dengan pemberitaan kedukaan. Terlepas dari pemberitaan kedukaan, tetapi cover media memberikan dampak besar dan menaikkan elektoralnya," katanya di Hotel Newton, Jumat (2/9/2022).

Selain itu, nama yang memberikan kejutan ialah adanya nama Sultan Andara, Raffi Ahmad yang memiliki elektabilitas sebesar 2,2 persen.

Baca juga: Survei IPRC, 40,6 Persen Warga Ingin Sosok Calon Wali Kota Asli Bandung, Masih Minim Bincang Politik

"Raffi Ahmad ini putra asli Bandung dan bisa mendokrak pada elekttabilitas. Dan angka 2,2 persen itu angka yang tinggi dan dia memiliki tingkat kesukaan tinggi," ujarnya.

Sedangkan nama Yana Mulyana, Idil mengaku diuntungkan karena dia kini menjabat sebagai wali kota Bandung meski relatif baru dengan menggantikan almarhum Oded M Danial.

"Yana Mulyana namanya ketika masih ada almarhum Oded masih berada di bawah. Tapi, kini mulai naik karena memang menjabat sebagai wali kota Bandung," katanya

Sementara itu, ketika disinggung terkait adanya nama Budi Dalton dalam daftar hasil survei, Idil menyebut nama Budi Dalton bisa memberikan pilihan wali kota melalui jalur independen.

Atalia Praratya Kamil mengajak warga untuk menyukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Agustus - September 2022 mendatang. Tribun Jabar/M Syarif Abdussalam
Atalia Praratya Kamil. Pada simulasi elektabilitas yang digelar IPRC tentang calon wali kota Bandung bila pemilu digelar hari ini, maka Atalia Praratya menempati posisi tertinggi disusul Yana Mulyana(Tribun Jabar/M Syarif Abdussalam)

"Ya memang selain Raffi Ahmad, nama Budi Dalton bahkan adik Ridwan Kamil, yakni Elpi Nazmuzaman juga ikut naik. Kalau Elpi itu karena adanya cover media ketika kedukaan keluarga Emil. Nah, kalau Budi Dalton, dia budayawan yang dikenal di Bandung dan punya peluang. Jadi, independen ada potensi terjadi, karena sejauh ini partai politik belum menentukan calon," ujarnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved