Partai Politik Catut Anggota dari Partai Lain Dilaporkan Bawaslu Kota Sukabumi ke Jabar dan Pusat

Bawaslu Kota Sukabumi melaporkan dugaan adanya data ganda ekternal salah satu partai politik yang mencapai 95 persen ke Bawaslu Provinsi Jabar

Penulis: Dian Herdiansyah | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/DIAN HERDIANSYAH
Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Sukabumi Yasti Yustia Asih, mengatakan, Bawaslu Kota Sukabumi melaporkan dugaan adanya data ganda ekternal salah satu partai politik yang jumlahnya mencapai 95 persen ke Bawaslu Provinsi Jawa Barat. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Sukabumi, Dian Herdiansyah

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sukabumi melaporkan dugaan adanya data ganda ekternal salah satu partai politik yang jumlahnya mencapai 95 persen ke Bawaslu Provinsi Jawa Barat.

Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Sukabumi Yasti Yustia Asih mengatakan, pihaknya sejauh ini terus melakukan pengawasan dan pemantauan verifikasi anggota partai politik di dalam sipol.

"Langkah Bawaslu sesuai dengan SE No.19 2022 dan melakukan pengawasan melekat untuk mengawasi dan memastikan KPU melaksanakan sesuai PKPU No.4 tahun 2022," ujarnya, kepada Tribunjabar.id, Kamis (1/9/2022) saat ditemui dikantornya di Warudoyong, Kota Sukabumi.

"Temuan adanya ganda ekternal anggota partai politik itu sudah kami sampaikan ke Bawaslu Provinsi Jabar dan berjenjang akan dilaporkan ke Bawaslu Pusat," ucap Yasti.

Tidak hanya itu, Bawaslu juga merekomendasikan kepada KPU Kota Sukabumi untuk segera melakukan langkah koordinasi dengan para pengurus partai atau narahubungnya.

"Kami rekomendasikan kepada KPU untuk melakukan saran perbaikan sesuai aturan yang telah ditentukan," kata Yasti.

Sejauh ini terkait dengan adanya dugaan pencatutan nama oleh salah satu partai politik pihak Bawaslu Kota Sukabumi belum mendapat aduan atau laporan masyarakat.

"Sejauh ini belum ada aduan atau laporan terkait pencatutan yang dilakukan oleh salah satu partai politik tersebut," ujar Yasti.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi menemukan data semua anggota salah satu partai politik ganda eksternal.

Baca juga: Warga di Tasik Kaget Nama dan NIK Mereka Ada di Berkas Pendaftaran Parpol ke KPU, Diduga Dicatut

Bahkan datanya hasil verifikasi KPU ditemukan 95 persen ganda eksternal dari jumlah anggota partai politiknya.

Komisioner KPU Kota Sukabumi Agung Dugaswara mengatakan, data ganda partai ekternal ditemukan setelah dilakukan verfikasi daftar keanggotaan di dalam sistem informasi partai politik (Sipol) KPU.

"Data ganda eksternal ini kita temukan di salah satu partai politik yang diterima KPU Kota Sukabumi. Hasilnya verifikasi semua anggotanya ternyata ganda eksternal (ganda dengan partai lain)," ujar Agung saat ditemui di Tribunjabar.id, Kamis (1/9/2022) di Kantor KPU Kota Sukabumi.

Bahkan kata Agung, data anggota partai lain yang terdaftar di partai yang semuanya keanggotaanya ganda tersebut komplen dan tidak terima, kareba adanya tambahan tenaga dan biaiya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved