Pemilu 2024

KPU Kota Sukabumi Temukan Partai Politik 95 Persen Anggota Ganda, Diduga Mencatut dari Partai Lain

KPU Kota Sukabumi menemukan data semua anggota salah satu partai politik yang tercatat ganda eksternal yang diduga mencatut dari partai lain

Penulis: Dian Herdiansyah | Editor: Darajat Arianto
Tribun Jabar/Dian Herdiansyah
Komisioner KPU Kota Sukabumi Agung Dugaswara (kiri) dan Ketua KPU Kota Sukabumi Sri Utami. KPU Kota Sukabumi menemukan data semua anggota salah satu partai politik yang tercatat ganda eksternal yang diduga mencatut dari partai lain. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Sukabumi, Dian Herdiansyah

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi menemukan data semua anggota salah satu partai politik yang tercatat ganda eksternal.

Bahkan datanya hasil verifikasi KPU ditemukan 95 persen ganda ekternal dari jumlah anggota partai politiknya.

Komisioner KPU Kota Sukabumi Agung Dugaswara mengatakan, data ganda partai eksternal ditemukan setelah dilakukan verfikasi daftar keanggotaan di dalam sistem informasi partai politik (Sipol) KPU.

"Data ganda eksternal ini kami temukan di salah satu partai politik yang diterima KPU Kota Sukabumi. Hasilnya verifikasi semua anggotanya ternyata ganda eksternal (ganda dengan partai lain)," kata Agung saat ditemui di Tribunjabar.id, Kamis (1/9/2022) di Kantor KPU Kota Sukabumi.

Bahkan kata Agung, data anggota partai lain yang terdaftar di partai yang semuanya keanggotaanya ganda tersebut komplain dan tidak terima, karena adanya tambahan tenaga dan biiya.

"Ada beberapa liaison officer (LO) partai yang mengeluhkannya. Bahkan sampai ada pengurus partainya itu didaftarkan di partai tersebut," ucap Agung.

Ia menambahkan, bagi yang merasa anggota atau pengurus partainya didaftarkan di partai lain, bisa menempuh mekanisme yang telah ditetapkan KPU.

Baca juga: KPU Indramayu Selesai Lakukan Verifikasi, Masih Ada 40 Persen Parpol Belum Memenuhi Syarat

"Kami sarankan keanggotannya dan pengurusnya diambil partai lain tempuh dengan prosedur dengan membuat pernyataan dan yang lainnya," katanya.

Terkait salah satu partai mengambil dari anggota partai politik lain, merupakan partai nasional.

Pihak KPU Kota Sukabumi pun belum menemukan narahubung atau LO partai politik yang diduga adanya pencatutan anggota dari partai politik lain.

"Hingga saat ini kami terus melakukan pencarian pengurusnya di Kota Sukabumi dan belum mendapatkan di mana keberadaannya. Bahkan SK di sipol juga bukan berasal dari Kota Sukabumi," ujar Agung. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved