Guru Khawatirkan Kesehatan Murid yang Terpaksa Belajar di Ruangan Rusak, Anak-anak Sering Pegal

Yana Suryana, guru SDN Karyasakti, Desa Salamnunggal, Cibeber, Cianjur, mengkhawatirkan kesehatan para muridnya karena ruang kelas yang rusak

TRIBUNJABAR.ID/FERRI AMIRIL MUKMININ
Murid SDN Karyasakti Desa Salamnunggal, Cibeber, Cianjur, terpaksa belajar sambil ngampar di lantai karena tak punya meja dan kursi yang layak, Kamis (1/9/2022). Yana Suryana, guru di SDN Karyasakti tersebut mengkhawatirkan kesehatan para muridnya karena ruangan kelas rusak. 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Ferri Amiril

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Yana Suryana, seorang guru di SDN Karyasakti Kampung Pasirgede, Desa Salamnunggal, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, mengkhawatirkan kesehatan para muridnya.

Pasalnya tiga ruang kelas yang sudah tak layak beratap bilik dengan kondisi rusak masih dipaksakan untuk kegiatan belajar mengajar.

"Saya mengkhawatirkan kondisi kesehatan para murid, bisa dilihat kondisi kelas sudah rusak yang tiga ruangan ini, terpaksa kami pakai karena pernah belajar di teras anak-anak mengeluh panas," ujar Yana ditemui di SDN Karyasakti, Kamis (1/9/2022).

Yana mengatakan, selain tiga ruangan yang rusak dan dipaksakan untuk kegiatan belajar, sekolah juga kekurangan kursi dan meja.

"Jadi terpaksa satu kelas ngampar belajarnya," ujarnya.

Kondisi tersebut terjadi setelah pandemi melanda dan ruangan sekolah jarang digunakan sehingga banyak meja dan kursi yang sudah rusak.

"Kami maksimalkan kursi untuk kelas 3 dan 6 yang menempati ruangan rusak, jadi kelas V terpaksa mengampar," katanya.

Murid SD banyak yang tak fokus belajar karena belajar ngampar sering membuat pegal. Ada juga murid yang sampai ketiduran karena terus telungkup di lantai.

Baca juga: Perempuan Pengusaha Jadi Donatur, Tiap Bulan Bantu Belasan Murid SD Cianjur yang Tertular HIV/AIDS

Hal tersebut dikatakan wali kelas V, Ai Hafsah, ia menyebut kendala belajar mengajar banyak sekali dialami muridnya. Selain buku paket yang terbatas dan harus rebutan, murid juga terpaksa belajar melantai karena tak ada kursi dan meja.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved