Pengamat Menilai Kedekatan Ridwan Kamil dengan Jokowi Membuat Namanya Moncer dalam Musra Indonesia

Ini yang membuat Ridwan Kamil memiliki suara tinggi dalam Musra Indonesia I dan dicalonkan jadi cawapres.

Tribun Jabar/ Muhamad Syarif Abdussalam
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Ini kata pengamat mengenai nama RK yang dapat suara tertinggi menjadi cawapres dalam Musra Indonesia. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pengamat Politik dari Universitas Padjadjaran, Firman Manan, mengatakan kedekatan antara Ridwan Kamil dengan Jokowi menjadi faktor penyebab Gubernur Jabar ini mendapatkan dukungan paling banyak sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada 2024 hasil Muswarah Rakyat (Musra) Indonesia I di Bandung.

Ia mengatakan posisi Ridwan Kamil sebagai cawapres terkuat atau paling banyak dipilih dalam Musra Indonesia bukanlah hal yang mengejutkan mengingat sejumlah survei sudah mengetengahkan hasil yang sama.

Namun, Firman menilai ada faktor lain dan penting yang membuat Ridwan Kamil dipilih 30 persen lebih peserta Musra Indonesia I.

"Ridwan Kamil (RK) juga punya kedekatan dengan Jokowi. Secara personal 2019 RK dukung Jokowi, RK juga sempat disebut calon kepala otorita IKN dan ini ada kedekatan," katanya saat dihubungi, Rabu (31/8/2022).

Menurutnya hasil Musra ini merupakan murni usulan relawan, sementara pengusungan tokoh yang menjadi calon presiden maupun wakil presiden ada di tangan partai.

"Ini kan usulan relawan sedangkan yang nanti menentukan partai dan partai belum mengerucut. Ini balik lagi harus ke partai tiketnya dan dinamika masih cair," ujarnya.

Firman menilai meski suara dukungan dan hasil survei terhadap Ridwan Kamil menguat, mantan Wali Kota Bandung tersebut akan memilih untuk fokus menuntaskan tugasnya sebagai gubernur hingga 2023 mendatang karena belum adanya kepastian dari partai.

"Ridwan Kamil dalam beberapa kesempatan bicara kalau ada peluang ke level nasional beliau tidak menolak," katanya.

Fokus menuntaskan tugas gubernur menjadi pilihan terbaik mengingat posisi Ridwan Kamil dinilai cukup strategis karena memiliki kepantasan mengikuti berbagai opsi kontestasi baik Pilpres hingga Pilgub DKI dan Jabar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved